Wednesday, June 1, 2016

Megawati: Terima Kasih Atas Pengakuan 1 Juni Hari Lahir Pancasila

Megawati, mewakili keluara Bung Karno menyampaikan terima kasih kepada pemerintah atas pengakuan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila. Pemikiran Pancasila ini tercetus dari kontemplasi pemikiran Bung Karno dan disampaikan dalam sidang BPUPKI pada 1 Juni 71 tahun lalu.

"Sebagai hari lahir Pancasila, sudah selayaknya diperingati. Atas nama keluarga mengucapkan terima kasih kepada presiden dan pemerintah RI. Semua pihak yang telah berjuang bersama-sama menjadikan 1 Juni sebagai hari lahir Pancasila," ungkap Mega di Gedung Merdeka Bandung, Rabu (1/6/2016).

Mega juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada mereka yang berjuang untuk peringatan hari lahir Pancasila 1 Juni.

"Sungguh pengakuan ini momen bersejarah. Menetapkan hari Pancasila adalah suatu upaya untuk membangkitkan nasionalisme," urai dia.

Langkah pengakuan ini, lanjut Mega, amat berarti di tengah liberalisme dan kapialisme yang telah merasuk ke dalam aspek kehidupan. 

"Semoga Pancasila tidak hanya jadi memori kolektif, semoga jiwa semangat dan keberanian hidup kembali melingkupi kehidupan berbangsa dan bernegara," imbuh Mega.

"Kembali kepada nilai-nilai Ketuhanan dan musyawarah mufakat untuk keadilan sosial, bangkitlah bangsaku, dengan spirit Pancasila. Pancasila adalah prinsip dasar sekaligus jalan penerang yang ikut terus berjalan, teruslah bergerak teruslah bersama sampai terwujud Indonesia raya Indonesia yang sejati-jatinya, merdeka," tutup Mega. 

No comments:

Post a Comment