Friday, November 7, 2014

Saat Jokowi Dicecar Pertanyaan oleh Para CEO

//images.detik.com/content/2014/11/07/4/113453_forum100ceo.jpg
Jakarta -Presiden Joko Widodo (Jokowi) menghadiri pertemuan dengan 100 CEO terbaik di Indonesia pagi ini. Jokowi menyampaikan arahan kebijakannya dalam lima tahun ke depan untuk meyakinkan para CEO.

Kesempatan ini juga dimanfaatkan untuk dialog antara Jokowi dengan CEO. Dipandu oleh ekonom dari Universitas Gajah Mada (UGM) Tony Prasetiantono, dialog berlangsung cukup cair dan hangat.

Beberapa pertanyaan pun dilontarkan. Dimulai dari CEO Indofood Franciscus Welirang yang menanyakan rumitnya perizinan kapal berbendara Indonesia.

Jokowi langsung melemparkan pertanyaan tersebut kepada ahlinya, yaitu Menteri Perhubungan Ignasius Jonan. "Kalau masalah ini saya langsung minta pak Jonan yang menjawab," ungkapnya.

Jonan yang duduk tidak jauh dari Jokowi tampak kaget. Karena Ia tidak mendengar penuh pertanyaan dari Franciscus. Jonan pun meminta pertanyaan disampaikan ulang.

"Saya baru masuk ke ruang di tengah pertanyaan, jadi mohon diulang lagi pak," ungkap Jonan yang disambut tawa para tamu yang hadir.

Saling tanya jawab berlangsung antara kedua orang tersebut. Jonan pun memastikan akan memproses dengan cepat permasalahan yang dialami perusahaan ini.

Selanjutnya pertanyaan disampaikan oleh Kiswo Darmawan, CEO PT Adhi Karya Tbk (ADHI). Ia mempertanyakan skema kerjasama pemerintah swasta (KPS) atau public private partnership (PPP) yang tampak tidak berjalan.

Kali ini Jokowi menjelaskan secara langsung permasalahannya. Ia menuturkan banyak penyebab yang menjadi proyek tidak berjalan. Paling sering adalah karena izin yang rumit dan pembebasan lahan.

Kemudian pertanyaan selanjutnya adalah dari Felia Salim, Wakil Direktur Utama BNI. Felia menanyakan rencana Jokowi untuk mendorong industri kreatif di Indonesia.

Jokowi menjawab dengan sangat cepat. Banyak CEO yang terpana dan kemudian menyambut meriah berbagai rencana Jokowi. Sampai di penghujung acara, Jokowi meyakinkan CEO untuk berinvestasi secepatnya.

"Yakin nggak," tanya Jokowi. "Yakin," teriak CEO secara serempak yang dilanjutkan dengan tepuk tangan.

No comments:

Post a Comment