Friday, November 7, 2014

Bos Indofood Tanya Soal Kapal ke Jokowi, Menhub Jonan Dapat Tugas Jawab

//images.detik.com/content/2014/11/07/4/111022_jokowi2.jpg
Jakarta -Dialog antara para CEO dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan anggota kabinetnya, dalam forum Kompas 100 CEO Forum berlangsung hangat. Interaksi antara Jokowi dan para CEO berlangsung cair bahkan sesekali menimbulkan tawa.

Dalam kesempatan dialog tersebut, CEO dan Presiden Direktur PT Bogasari Flour Mills (produsen terigu Grup Indofood) Franciscus Welirang mengajukan pertanyaan ke Jokowi.

"Ada beberapa dari kami memiliki perusahaan yang sulit mendapatkan izin untuk kapal berbendera Indonesia karena dianggap tak sesuai dengan asas cabotage, jadi kami dianggap perusahaan publik yang masuk dalam negatif listuntuk mendapatkan bendara Indonesia?" tanya pria yang disapa Franky ini di Hotel Four Seasons, Jakarta, Jumat (7/11/2014)

Mendapat pertanyaan tersebut, Jokowi melemparkan ke pembantunya yaitu Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan untuk menjawab. "Nanti dicek peraturannya, kalau di tingkat menteri saya akan langsung selesaikan, kalau lebih tinggi saya akan sampai ke presiden," kilah Jonan menjawab

Menurut Jonan, asas cabotage adalah masalah persaingan usaha, sehingga bukan lagi domain pemerintah. "Ini kan kalau bapak untung, bapak diam-diam saja, ini kayaknya karena bapak rugi jadi teriak-teriak," kata Jonan disambut tawa para tamu.

Mendapat jawaban dari Jonan, Franky masih belum puas. "Tapi masak kita nggak bisa mengurus izin ini, karena kita kan perusahaan Indonesia," katanya.

Merespons Franky, Jonan juga kembali menjawab pertanyaan Franky. "Ya sudah bapak, kirim saja nama perusahaannya, nanti saya akan langsung tangani, kan bapak perusahaanya banyak," ucap Jonan.

Asas cabotage adalah kegiatan angkutan laut dalam negeri dilakukan perusahaan angkutan laut nasional dengan menggunakan kapal berbendera Indonesia serta diawaki awak kapal berkewarganegaraan Indonesia.
(hen/ang) 

No comments:

Post a Comment