Sunday, November 30, 2014

Pangdam Jaya Minta Kendaraan Darat Air TNI AD di Jakarta untuk Banjir




















Jakarta - Kendaraan Darat Air anti Banjir milik Dinas Penelitian dan Pengembangan TNI AD akan kembali dipamerkan. Kendaraan yang menyerupai kapal namun memiliki roda saat di darat itu sudah diminta oleh Kodam Jakarta Raya untuk antisipasi banjir Jakarta.

Menurut Ketua Tim Proyek pengembangan Kendaraan Darat Air, Letkol Widi Santoso Pangdam Jaya Mayjen Agus Sutomo sudah memintanya langsung agar kendaraan tersebut disiagakan di Kodam Jaya. Widi pun bersama jajarannya beberapa waktu lalu kembali melakukan uji fungsi Kendaraan Darat Air agar siap saat diserahterimakan.

"Ini diharuskan oleh Pangdam Jaya kendaraan ini disiagakan di Kodam Jaya pada Januari 2015. Pas Indo Defence, Panglima Kodam Jaya menyampaikan langsung minta ke saya. Pangdam minta untuk disiapkan siaga banjir," ungkap Widi di Jakarta, Minggu (30/11/2014).

Widi sungguh berharap agar kendaraan yang merupakan modifikasi dari truk diesel Mitsubishi itu bisa turun saat musim banjir nanti. Harapannya adalah agar dapat membantu warga yang kesulitan akibat banjir.

"Kita harapkan saat banjir bisa turun, makanya kita persiapkan betul. Kita uji coba di Muara Gembong, Babelan, Bekasi. Kalau nanti Jalan Sudirman dan Bundaran HI nggak bisa dilintasi karena banjir kendaraan ini siap turun. Sampai Monas juga bisa. Bisa untuk bantu angkut pegawai-pegawai yang kerja di sana," kata Widi.

Meski saat uji coba sempat ada permasalahan di tali kemudi, pria asal Kulon Progo, Yogyakarta itu mengatakan masalah sudah bisa teratasi. Kendaraan ini disebut Widi semakin banyak penumpangnya, semakin baik. Kapasitas kendaraan itu menurutnya cukup banyak. Bisa lebih dari 20 orang.

"Kemarin ada kendala di tali kemudi tapi sudah kita bereskan. Semakin banyak penumpangnya semakin bagus karena jadi imbang karena mesin ada di depan, jadi berat di depan. Tapi kalau kosong, kita ada antisipasi kasih air di belakangnya. Kanan kiri di dekat baling-baling," Widi menjelaskan.

"Ini kami masih terus pengembangan. Saya mau tali kemudinya pakai hidrolik. Harapan kami ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat. Wakil Walikota Serang kemarin sudah menyatakan tertarik untuk menanggulangi banjir di Serang Utara," sambungnya.

Widi menyatakan jika ada warga yang penasaran untuk melihat kendaraan yang mulai pengembangannya sejak tahun 2013 itu, warga bisa datang ke Monas pada tanggal 10-15 Desember mendatang. Setelah hadir di Indo Defence Expo 2014 lalu, Kendaraan Darat Air akan dipamerkan kembali dalam rangka Hari Juang Kartika.

"Tanggal 10-15 Desember akan dipamerkan di Monas dalam acara Hari Juang Kartika 2014. Masyarakat bisa lihat di sana. Waktu di Indo Defence kemarin Mehan Ryamizard tertarik ya. Pas lihat bilang ke pengemudinya, Kapten Syarial. Beliau bilang, kalau banjir saya mau naik kendaraan ini," tutup Widi.

Saat Indo Defence Expo 2014 pada Rabu (5/11) yang lalu, Ryamizard memang tampak tertarik dengan Kendaraan Darat Air. Bahkan mantan KSAD itu pun meminta agar kendaraan tersebut diperbanyak.

"Itu bagus tuh. Harusnya ini dibanyakin persiapan banjir di Jakarta. Bagus ini buat di Jakarta," tukas Ryamizard saat meninjau kendaraan anti banjir itu di Indo Defence Expo 2014 yang digelar di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Rabu (5/11).

No comments:

Post a Comment