Monday, November 24, 2014

Presiden Minta Semua Gubernur Hemat Anggaran hingga 30 Persen

Sabrina Asril/KOMPAS.comPresiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla ketika bersama para gubernur di Istana Bogor

BOGOR, KOMPAS.com — Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta para gubernur untuk melakukan penghematan anggaran hingga 30 persen. Arahan ini disampaikan Presiden dalam pertemuan dengan para gubernur se-Indonesia di Istana Bogor, Senin (24/11/2014).
"Masalah efisiensi, menyelesaikan fiskal pusat, kabupaten kita, agar presiden meng-guide kita agar efisiensi sampai 30 persen, ini penting," kata Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Syahrul Yasin Limpo di tengah-tengah pertemuan.
Menurut Syahrul, dalam pertemuan itu para gubernur juga menyampaikan program prioritas daerah masing-masing kepada Presiden. Dalam pertemuan juga dibahas koordinasi antara pemerintah pusat dan daerah agar program penunjang perekonomian lebih maksimal.
"Bagaimana menangani dengan pusat sehingga tidak terjadi bias antara gubernur, bupati, dan wali kota bisa diselesaikan," sambung Syahrul.
Sebelumnya, Presiden Joko Widodo memastikan bahwa pemerintahannya akan berhemat untuk meningkatkan anggaran bagi pembangunan. Salah satu pos anggaran yang akan dihemat adalah biaya perjalanan dinas dan rapat-rapat.
"Kira-kira bisa dipotong karena tidak efisien, seperti anggaran perjalanan dinas itu dan rapat-rapat, yang sampai Rp 41 triliun. Saya perintahkan potong untuk Rp 25 triliun," ujar Jokowi.
Menurut Jokowi, kebutuhan perjalanan dinas dan rapat tahun depan sebenarnya hanya sekitar Rp 22 triliun. Dengan demikian, dana alokasi anggaran sebesar Rp 25 triliun dianggap sudah lebih dari cukup. 

No comments:

Post a Comment