Saturday, October 15, 2016

Dua Mantan yang Keras Kepala itu Akhirnya Kembali Memimpin Kementerian

Jumat (14/10/2016) kemarin di Jakarta ada dua peristiwa besar yang menjadi perhatian publik. Pertama, demo besar-besaran yang digelar organisasi kemasyarakatan untuk memprotes Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok.

Kedua, pelantikan dua orang mantan menteri, yaitu Ignasius Jonan danArcandra Tahar, menjadi Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dan Wakil Menteri ESDM.
Peristiwa kedua ini mengejutkan publik karena berita datang begitu cepat di hari yang sama. Meskipun hari-hari sebelumnya sudah beredar rumor bahwa Arcandra Tahar akan dipanggil kembali menduduki jabatan di kementerian ESDM, namun tak ada yang menyangka jika masih ada unsur kejutan lain.
Bagi Anda yang kemarin tak sempat mengikuti berita-berita kemarin, simak rangkuman berita kemarin yang layak untuk Anda baca.

1. Ignasius Jonan - Arcandra Tahar, Dua Mantan Menteri yang Keras Kepala
IhsanuddinMenteri ESDM yang Ignatius Jonan dan Wamen ESDM Arcandra Tahar pulang semobil usai dilantik di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016)
Presiden Joko Widodo melantik Ignasius Jonan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral, sementara Arcandra Tahar sebagai Wakil Menteri ESDM.

Pelantikan berlangsung di Istana Negara, Jakarta, Jumat (14/10/2016) siang.

Tak ada pengumuman pengangkatan Jonan dan Arcandra sebelumnya. Keduanya langsung memasuki ruang pelantikan pukul 13.15 WIB. Jokowi lalu masuk ke ruangan pukul 13.30.

Setelah itu, keppres langsung dibacakan. Presiden langsung memimpin sumpah dan janji keduanya sebagai menteri dan wakil menteri.

Ignasius Jonan adalah mantan Menteri Perhubungan yang dicopot Jokowi dalam reshuffle Kabinet Kerja jilid II pada akhir Juli lalu.

Sementara itu, Arcandra adalah mantan Menteri ESDM yang dilantik Jokowi saat reshuffle Kabinet Kerja jilid II.

Namun, baru 20 hari menjabat, Arcandra dicopot Jokowi karena masalah kewarganegaraan. Ia diketahui memegang paspor Amerika Serikat.

Hampir dua bulan tugas menteri ESDM dipegang pelaksana tugas, yakni Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca selengkapnya di sini.
Presiden Joko Widodo meyakini, Ignasius Jonan dan Arcandra Taharmampu bekerja sama dalam menyelesaikan masalah pada sektor energi di Indonesia.

Jokowi menilai, keduanya memiliki kompetensi untuk memimpin Kementerian ESDM dan melakukan reformasi besar-besaran.

Bagi Jokowi, keduanya memiliki karakter berani.

"Saya tahu dua-duanya keras kepala, tetapi suka terjun ke lapangan," kata Jokowi seusai melantik Jonan dan Arcandra di Istana Negara, Jakarta, Kamis (14/10/2016).

No comments:

Post a Comment