Friday, January 20, 2017

Survei Polmark: Ahok lebih pengalaman memimpin dari Anies dan Agus

Survei Political Marketing (Polmark) Indonesia mensurvei kualifikasi calon gubernur pada 3 kandidat peserta Pilgub DKI Jakarta pada 6-12 Januari 2017. Hasilnya menunjukkan petahana Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama terbukti mampu bekerja dan memimpin dengan baik.

"Dari 1.200 responden hasilnya menunjukkan 31,2 persen responden mengatakan Basuki terbukti mampu bekerja dan memimpin dengan baik," kata CEO Polmark Indonesia, Eep Saefulloh Fatah di Hotel Akmani, Gondangdia, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Dalam kualifikasi yang sama yakni 'terbukti mampu bekerja dan memimpin dengan baik' Anies Baswedan berada diurutan kedua dengan perolehan 23,7 persen. Lalu Agus Harimurti Yudhoyono hanya mendapatkan 21,8 persen. Sementara responden yang tidak tahu atau tidak menjawab sebanyak 23,2 persen.

Kedua, dalam kualifikasi 'memiliki pengalaman yang cukup untuk memimpin Jakarta', Basuki aliasAhok unggul dengan hasil 39,7 persen. Kemudian diurutan kedua ada Anies dengan perolehan 21,3 persen dan Agus hanya mendapatkan 16,0 persen. Adapun sebanyak 23,0 persen responden tidak menjawab atau tidak tahu.

"Tentunya Ahok yang pernah menjabat hasilnya tinggi karena beliau merupakan petahana. Sementara Anies juga berpengalaman sebagai menteri pendidikan sebelumnya," kata Eep.

Kemudian pada kualifikasi 'memiliki kepribadian yang baik sehingga layak diteladani' peringkat tertinggi dipegang oleh Anies dengan perolehan 34,3 persen. Lalu disusul Agus dengan perolehan 25,8 persen dan Ahok di 15,6 persen. Sementara 24,3 persen responden menjawab tidak tahu atau tidak menjawab.

Untuk diketahui, Polmark Indonesia melakukan survei pada 6-12 Januari 2017 dengan 1.200 responden. Sebaran responden ada di 120 kelurahan yang secara random yang ada di Jakarta.

Adapun metode yang digunakan adalah multistage Randow sampling dengan tatap muka langsung. Sementara margin eror yakni lebih kurang 2,9 persen margin eror dengan tingkat kepercayaan 95 persen.

No comments:

Post a Comment