Thursday, January 26, 2017

Permukiman Pinggir Kali Pesanggrahan Akan Digusur, Ahok Janji Ganti Rugi

Kompas.com/Kurnia Sari AzizaCalon gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok blusukan di kawasan Ulujami, Pesanggrahan, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).

Gubernur non-aktif DKI Jakarta,Basuki Tjahaja Purnama, menjanjikan ganti rugi bagi warga yang terdampak penggusuran terkait normalisasi Kali Pesanggrahan.

Sebab, lanjut dia, bantaran Kali Pesanggrahan rawan longsor. "Makanya saya sampaikan saya enggak mungkin enggak bongkar, tetapi saya jamin uang penggantian baik," kata Ahok, di sela-sela kampanyenya di Ulujami, Jakarta Selatan, Kamis (26/1/2017).
Menurut dia, rumah-rumah yang berdiri di bantaran Kali Pesanggrahan kebanyakan rumah permanen. Para pemiliknya juga memiliki sertifikat kepemilikan lahan.
"Tanah yang sudah lama (dibangun) seperti ini, kami kasih uang. Kami beli dan bayar," kata Ahok.
Selain normalisasi, penertiban pemukiman akan dilakukan untuk pembangunan jalan inspeksi. 
Pembangunan jalan inspeksi ini perlu dilakukan demi pemeliharaan Kali Pesanggerahan. Sebab, jalan inspeksi diperlukan untuk memasukkan alat berat yang berfungsi sebagai pemeliharaan. 
Ahok juga menyatakan, pembangunan jalan inspeksi menguntungkan banyak pihak.
"Tiba-tiba jalan inspeksi jadi jalan raya. Sama kayak sekarang, orang Kampung Pulo sama Bukit Duri kan diuntungkan," kata Ahok.

No comments:

Post a Comment