Monday, January 23, 2017

Kebocoran di Unit Rusun Cibesel Belum Diperbaiki

 Sejumlah unit Rumah Susun Cipinang Besar Selatan (Cibesel) di Jatinegara, Jakarta Timur, banyak ditemukan dalam kondisi bocor. Kondisi ini sudah lama terjadi namun belum ada tindakan perbaikan dari pengelola rusun. 

Kebocoran tersebut diakibatkan rembesan air dari kamar mandi di sejumlah unit hunian warga di lantai atas ke hunian di bawahnya. 

Bekas-bekas bocoran menghijau karena lumut atau berwarna cokelat di langit-langit hunian. Kondisi ini misalnya terjadi di tempat tinggal, Hartati (38), warga Blok D Rusun Cibesel.

Wanita yang direlokasi dari Bukit Duri, Jakarta Selatan, itu sudah tinggal sekitar satu tahun di Rusun Cibesel. Menurut Hartati, masalah kebocoran sudah terjadi sejak dia pertama kali pindah ke rusun tersebut. 

"Bocornya sudah lama, saya baru pindah dua minggu sudah bocor," kata Hartati, saat ditemui di rusun tersebut, Senin (23/1/2017). 

(Baca: Air PAM Bau Kaporit, Warga Rusun Cibesel Tak Mau Konsumsi)

Kebocoran itu membuat dia tidak begitu nyaman. Lokasi bocornya ada di jalan menuju arah kamar mandi dan wastafel. 

Sudah dua kali penghuni melaporkan masalah tersebut ke pengelola rusun, namun hingga kini belum direspons. 

"Jadinya sekarang ditahan pakai plastik, jadi ditampung airnya. Terus di salah satu titik dibolongin plastiknya, biar air yang bocor turun dari satu titik saja. Terus di bawah kami tadah pakai ember," ujar Hartati. 

Adapun Warsito (36), warga blok yang sama, juga mengungkapkan hal senada. Warsito sudah tinggal di Rusun Cibesel sekitar 17 bulan. Kebocoran terjadi setelah lima bulan dia tinggal di rusun tersebut. 

Kebocoran di tempat Warsito, selain di langit-langit di atas wastafel, terjadi juga di bagian kamar mandi. Kebocoran berasal dari air rembesan dari kamar mandi di hunian yang ada di atasnya. 

"Pernah bocor, sampai bau. Kalau kami BAB di atas juga barengan, mesti pakai payung," ujar Warsito. 

Kini, mesti sudah dia tambal pakai cat khusus anti bocor, tapi tetap saja kebocoran masih terjadi. Di langit-langit kamar mandi Warsito, bekas kebocoran terlihat jelas. 

No comments:

Post a Comment