Friday, January 20, 2017

Survei: Agus cuma menang ganteng dibanding Ahok & Anies

Kualitas personal mulai dari kepribadian dan sifat kepemimpinan dari tiga kandidat calon gubernur DKI Jakarta menjadi pertimbangan bagi publik untuk memilih. Lembaga survei Poltracking melakukan riset terkait kepribadian ketiga calon gubernur itu di mata masyarakat. 

Hasilnya, calon gubernur nomor urut 1, Agus Harimurti Yudhoyono unggul dari segi menarik dan ganteng. Agus mendapatkan perolehan 80 persen mengungguli Basuki T Purnama ( Ahok) dengan 66 persen dan Anies Baswedan dengan 76 persen.

"Karakter yang menonjol dari Agus Harimurti Yudhoyono adalah menarik dan ganteng," kata Direktur Poltracking di Hotel Oria, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Sementara Ahok sendiri unggul untuk 2 kategori, yakni dalam hal tegas dan wibawa serta mampu memimpin Jakarta. Untuk tegas dan berwibawa, Ahok mengungguli dua pesaingnya dengan 78 persen, dibanding Agus dengan 69 persen dan Anies 65 persen. 

Dalam hal mampu memimpin Jakarta, Ahok kembali unggul dengan angka 63 persen, Anies berada diurutan kedua dengan 56 persen sementara putra sulung Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mendapatkan 51 persen. 

"Yang paling menonjol dari Basuki T Purnama adalah tegas dan berwibawa," terangnya. 

Kemudian, jagoan Gerindra dan PKS unggul dalam tiga kategori, yakni ramah dan santun, perhatian pada rakyat, dan pintar dan berwawasan luas. Untuk kategori ramah dan santun, Anies mendapatkan angka 79 persen, Agus di urutan kedua dengan 72 persen dan Ahok diurutan buncit dengan 43 persen. 

Kategori perhatian pada rakyat juga masih menjadi milik Anies. Anies berada angka teratas dengan 63 persen, sementara Ahok 61 persen dan Agus terendah dengan 43 persen. Begitu pula dalam urusan wawasan dan kepintaran, publik menilai Anies paling pintar dengan 82 persen, kedua Ahok dengan 79 persen serta Agus dengan 71 persen. 

"Adapun karakter paling menonjol dari Anies Baswedan adalah pintar dan berwawasan dengan 82 persen," pungkasnya. 

Selain itu, rupanya Anies dan Ahok imbang dalam urusan jujur, bisa dipercaya dan bersih darikorupsi dengan perolehan suara 56 persen. Sementara, penilaian untuk Agus hanya sekitar 47 persen.

Survei ini dilakukan pada tanggal 9 Januari hingga 13 Januari 2017. Adapun metode riset yang digunakan adalah metode multi-stage random sampling. Jumlah responden dalam survei ini sebanyak 800 orang dengan margin of error kurang lebih 3,45 persen pada tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

No comments:

Post a Comment