Thursday, July 14, 2016

Dalam Sepekan, Lanud Adisutjipto Terima 18 Laporan Pilot Soal Balon Udara

Satpomau Lanud Adisutjipto sore ini mengamankan balon udara yang sempat terbang di langit Yogyakarta. Rupanya, dalam satu pekan terakhir terdapat total 18 laporan pilot kepada Adisutjipto soal adanya balon udara.

"Saya rekapnya ada. Sudah banyak laporan yang masuk kepada kami," ujar Kadisops Lanud Adisutjipto Kolonel Pnb Indan Gilang Buldansyah.

Hal ini disampaikan Indan kepada detikcom, Rabu (13/7/2016). Indan kemudian menunjukkan data miliknya yang menunjukkan laporan pilot yang terbang dari dan ke Yogyakarta soal terlihatnya balon udara di wilayah terbang mereka.

Dari tanggal 6-9 Juli 2016, terdapat 15 laporan. Dari laporan-laporan tersebut, diketahui balon yang dilihat oleh para pilot ada di ketinggian beragam mulai 8.000-20.000 feet. Laporan terbanyak ada pada Rabu (6/7) lalu yakni sebanyak 6 laporan.

"(Ditambah) Hari ini ada 3 laporan. Dan satu tim dari Lanud Adisutjipto menemukan satu balon di JEC (daerah Kecamatan Banguntapan), tingginya 4,4 meter," imbuhnya.

Selain balon udara yang berhasil ditemukan sore tadi, dua balon lainnya tidak berhasil dilacak keberadaannya. 

"(dua lainnya) terpantau di sebelah selatan landasan (Adisutjipto) dan di area Magelang di ketinggian 9.000 feet," tutur Indan. 
(sip/imk)

No comments:

Post a Comment