Thursday, July 21, 2016

Survei SMRC: 81 Persen Pemilih PDI-P Mendukung Ahok pada Pilkada DKI 2017

Dalam survei yang dilakukan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) pada Juni 2016, sebanyak 25,6 persen responden memilih Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) sebagai partai politik yang didukungnya pada pemilu. 

Dari persentase tersebut, mayoritas responden mendukungBasuki Tjahaja Purnama atau Ahok pada Pilkada DKI 2017. 

"Pemilih PDI-P 81 persen mendukung Ahok," ujar Direktur Program SMRC, Sirojudin Abbas, saat merilis hasil survei terkait Pilkada DKI 2017 di Kantor SMRC, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/7/2016). 

Sementara itu, dari pemilih PDI-P yang memilih calon lain, semua persentasenya di bawah 10 persen. Pemilih PDI-P yang mendukung Sandiaga Uno hanya dua persen, dan yang mendukung Sjafrie Sjamsoeddin satu persen. 

Kemudian, pemilih PDI-P yang mendukung Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini untuk maju dalam Pilkada DKI Jakarta sebanyak tujuh persen dan responden yang mendukung Yusril Ihza Mahendrasebesar enam persen. 

Selain PDI-P, besarnya dukungan untuk Ahok juga terdapat dari responden pemilih Partai Gerindra. Dalam survei tersebut tercatat 37 persen dari total 11,4 persen responden pemilih Gerindramenyatakan akan mendukung Ahok pada Pilkada DKI Jakarta2017. 

Di posisi kedua, pemilih Gerindra mendukung Yusril dengan persentase 32 persen dan dukungan untuk figur lainnya berada di bawah angka tersebut. 

Sejauh ini, PDI-P dan Partai Gerindra merupakan dua partai politik yang menyatakan sikap tidak akan mendukung petahana dalam Pilkada DKI 2017, yakni Ahok. Alasannya karena Ahok tidak mendaftar pada proses penjaringan di partai politik.

SMRC melakukan survei pada 24-29 Juni 2016. Survei dengan metode wawancara dilakukan terhadap 820 responden. Namun, hanya 646 responden yang dinyatakan valid dan datanya dianalisis.

No comments:

Post a Comment