Saturday, July 30, 2016

Bersih dan Tak Ada PKL, Bikin Monas Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

Bersih dan Tak Ada PKL, Bikin Monas Makin Ramai Dikunjungi Wisatawan

 Kawasan Monas, Jakarta Pusat, hari ini cukup ramai dikunjungi warga. Tempat wisata ini tampak bersih dan tak ada lagi pedagang kaki lima (PKL).

Pantauan detikcom di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (30/7/2016) sejak pagi hingga siang ini warga sudah banyak yang datang ke kawasan yang terletak di jantung ibu kota ini. Ada yang datang bersama keluarga, teman, atau pun perorangan.

Kawasan Monas yang bersih (Damar Wicaksono/detikcom)

Para warga tampak sangat menikmati suasana di Monas. Kawasan ini terpantau memang bersih dan rindang dipenuhi aneka pepohonan. Ada warga yang berjalan santai, berolahraga lari atau pun naik sepeda, ada juga keluarga yang menggelar tikar sambil bersantai menikmati makanan.

Para anak muda juga banyak yang berjalan-jalan di kawasan monas sambil bermain Pokemon Go. Game berbasis augmented reality ini memang tengah digandrungi di berbagai negara. 

Selain bersih kawasan Monas juga rindang karena banyak pepohonan (Damar Wicaksono/detikcom)
Salah seorang warga bernama Dwi tampak piknik di bawah pohon rindang bersama keluarganya. Dia merasa senang Monas kini bersih dan nyaman. Tak ada lagi PKL-PKL yang dulunya semrawut memenuhi kawasan Monas.

"Ke Monas nyantai bareng keluarga. Sekarang Monas jauh lebih nyaman dan aman dengan tidak adanya PKL. Kalau dulu waktu masih ada PKL ngeri, masih banyak PKL yang kadang maksa seperti preman," ujarnya.

Dwi bersama keluarganya piknik di Monas (Damar Wicaksono/detikcom)
Kasi Ketertiban Kantor Pengelola Kawasan Monas Yayang Kustiawan mengatakan, saat ini memang telah diberlakukan pengamanan full dari TNI-Polri serta Satpol PP. Aparat selalu melakukan penyisiran di seluruh kawasan untuk memastikan tak ada PKL atau gangguan lainnya.

Tak ada lagi PKL liar di kawasan Monas (Damar Wicaksono/detikcom)
"Dalam rangka memberikan keamanan dan kenyaman pengunjung, penjagaan keamanan di 2 titik yaitu di pintu masuk dan loket. Pemeriksaan pengunjung dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Petugas juga rutin patroli dan penjagaan dari pintu masuk IRTI sampai kawasan Monas menjaga dari PKL dan kriminalitas," ujarnya saat diwawancarai detikcom di lokasi.

Pedagang kini ditata di kawasan Lenggang Jakarta (Damar Wicaksono/detikcom)
PKL saat ini menurut Yayang telah diarahkan berjualan di Lenggang Jakarta yang dikelola Dinas Koperasi UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta. Sehingga tak boleh lagi ada yang berkeliaran di kawasan Monas. 

No comments:

Post a Comment