Tuesday, July 12, 2016

Belum Pastikan Jalur Pilkada Tak Berarti Ahok Gamang

 Pengamat politik dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Ikrar Nusa Bakti berpendapat, Basuki Tjahaja Purnama tidak sedang bingung menentukan pilihan jalur pilkada.
Ikrar mengatakan, Basuki atau Ahok sudah tahu apa yang akan dipilihnya.
"Saya rasa dia tidak gamang, dia sudah tahu kira-kira pilihan mana yang akan diambil dan untung ruginya seperti apa," kata Ikrar ketika dihubungi, Selasa (12/7/2016).
Hanya saja, Ahok disebut ingin berkomunikasi dengan "Teman Ahok" yaitu kelompok relawan yang mendukungnya maju lewat jalur independen, dan partai pendukungnya terlebih dahulu. Langkah tersebut dinilai untuk menghargai dua elemen pendukungnya.
"Dia tidak mau mengambil keputusan sendiri dan nantinya malah menyakiti salah satu pihak," kata Ikrar.
Hingga Senin kemarin, Ahok belum juga mengumumkan jalur yang akan ia tempuh dalam mengikuti Pilkada DKI Jakarta 2017. Ahok sebelumnya dengan tegas mengatakan akan maju melalui jalur perseorangan dengan dukungan "Teman Ahok".
Namun, setelah "Teman Ahok" berhasil mengumpulkan satu juta data KTP, Ahok justru tampak bimbang. Ia pun sempat berjanji akan mengumumkan keputusannya setelah Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriah. Namun hingga Senin, Ahok belum memutuskan jalur yang dipilihnya.
"Saya bilang (jalur yang akan ditempuh pada Pilkada DKI 2017) diumumkan kan habis Lebaran. Kalau di kampung saya, sepanjang bulan Syawal itu adalah (masih) Lebaran," kata Ahok.

No comments:

Post a Comment