Thursday, January 5, 2017

Jokowi Puji Duet Mentan dan Mendag Kelola Produk Pertanian

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memuji duet Menteri Pertanian (Mentan), Amran Sulaiman dan Menteri Perdagangan (Mendag), Enggartiasto Lukita, dalam mengelola produk pertanian. Pernyataan ini disampaikan Jokowi dalam acara Rapat Kerja Nasional (Rakornas) Pembangunan Pertanian di Menara Bidakara, Jakarta, Kamis (5/1/2017).

"Pasca panen, saya minta agar infrastruktur pemasaran betul-betul dilihat secara detail. Saya kira Pak Mentan duet dengan Mendag saya lihat duet yang paling bagus dalam mengelola produk-produk pertanian," kata Jokowi, di Menara Bidakara 2, Jakarta Selatan, Kamis (5/1/2017).

Jokowi meminta Amran dan Enggar untuk menyiapkan sistem berbasis IT. Sistem tersebut digunakan untuk memecahkan persoalan logistik yang dapat disebut logistic platform dan ritel platform.

Menurut Jokowi, sistem tersebut dapat mengefisienikan mata rantai di pasaran menjadi lebih singkat. Misalnya, platform digital itu nantinya berguna bagi pembeli untuk dapat berbelanja dengan sistem online. Hal itu menurutnya dapat memotong mata rantai yang selama ini dikuasai tengkulak.

"Siapkan yang namanya logistic platformritel platform. Dalam dunia IT yang sekarang ini kita hadapi. Tanpa itu jangan berharap ada efisiensi sehingga mata rantai di lapangan pemasaran yang sekarang dikuasi tengkulak bisa dipendekkan dengan kita membangun sebuah logistic platform dan ritel platform," kata Jokowi.

Menurutnya, dengan terbangunnya sistem tersebut dapat meningkatkan harga di tingkat petani dan meningkatkan harga produk pertanian. Dengan demikian, program ini akan menjadi perhatian dan prioritas pemerintah.

"Ini akan meningkatkan harga petani dan menggerakkan harga produksi pertanian karena produk dihargai oleh konsumen pasar, naik harganya. Ini juga menjadi kunci yang harus diperhatikan serius secara detail," ujar Jokowi.

No comments:

Post a Comment