Sunday, January 22, 2017

Blusukan ke Lebak Bulus, Djarot Kaget Lihat Sampah Karpet

Calon Wakil Gubernur DKI Djarot Saiful Hidayat blusukan di kawasan Lebak Bulus Jakarta. Banyak warga yang menyampaikan keluhan kepada Djarot terkait banjir yang masih seringkali terjadi di wilayah tersebut. 

Pantauan detikcom, Djarot tiba pukul 09.52 WIB di Jalan H Gandun RT 02 RW 08, Lebak Bulus, Cilandak, Jakarta Selatan, Minggu (22/1/2016). Politikus PDIP ini terlihat mengenakan baju merah. Kedatangan Djarot disambut para warga dengan sapaan dan ajakan berfoto bareng.

"Pak Djarot minta foto pak," pinta salah satu warga.

Dengan ramah Djarot pun melayani ajakan foto dari warga. Sambil menyusuri gang-gang sempit, Djarot sesekali berbincang dengan warga. Salah satu warga bernama Tini mengeluhkan rumahnya masih terkena banjir.

Blusukan ke Lebak Bulus, Djarot Kaget Ada Sampah Karpet di SungaiWarga menyapa Djarot. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

"Kalau hujan masih sering banjir Pak dan masuk rumah. Kalau hujan berhenti, ya surut. Tapi kotorannya itu bau banget Pak," ujar Tini.

Kemudian Parin salah satu tokoh masyarakat menjelaskan ke Djarot mengenai kondisi saluran air yang sempit. Sehingga jika hujan deras, daerah tersebut masih sering banjir.

"Ini salurannya kalau airnya kecil gini lancar Pak. Kalau hujan air bakal naik dan banjir," jelas Parin.

Djarot pun mengimbau kepada warga untuk gotong royong membersihkan saluran air. "Kan udah ada PPSU, tapi ya warga juga saling gotong royong menjaga kebersihan," kata Djarot.

Setelah dari RT 02 RW 08, Lebak Bulus, Djarot terus melanjutkan blusukannya ke RT 08 RW 08, Lebak Bulus. Mendengar banyak keluhan tentang banjir yang sering terjadi di wilayah tersebut, Djarot langsung mendatangi sungai di daerah itu. Ia pun kaget di sungai tersebut ada sampah karpet yang mengambang di sungai.

"Itu apa itu?" tanya Djarot

"Itu karpet pak," kata Ketua RT 08 Suryana menjawab pertanyaan Djarot.

"Sampah karpet kok dibuang ke sungai, itu karpet dibuang ke sini kalau hanyut ke sana bakal nutup," keluh Djarot.

Blusukan ke Lebak Bulus, Djarot Kaget Ada Sampah Karpet di SungaiSampah karpet di Sungai. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

Djarot kembali mengimbau kepada warga untuk menjaga kebersihan sungai. Hal ini disampaikan Djarot sembari minum kopi di warung di sebelah sungai.

Blusukan ke Lebak Bulus, Djarot Kaget Ada Sampah Karpet di SungaiDjarot mengimbau warga soal kebersihan sungai sembari ngopi bareng. Foto: Ibnu Hariyanto/detikcom

"Sekali lagi masalah ini bukan hanya masalah pemerintah tapi harus ada kesadaran dari masyarakat juga. Jadi jangan ketika banjir besar sampah banyak kemudian teriak-teriak, mencaci maki pemerintah, masyarakat juga harus tanggung jawab jaga kebersihan," kata Cawagub nomor urut 2 itu. 
(nkn/van)

No comments:

Post a Comment