Wednesday, December 14, 2016

Jokowi Bangun Ulang 7 Pos Lintas Batas, Begini Perkembangannya

Pembangunan infrastruktur di kawasan perbatasan menjadi perhatian tersendiri bagi pemerintah. Meski jauh dari pusat, tidak menjadi alasan untuk menurunkan pengawasan proses pembangunan.

Salah satunya seperti terlihat dari pembangunan Pos Lintas Batas Negara (PLBN). Fasilitas ini adalah pintu gerbang perbatasan negara tempat keluar masuk antara Indonesia dengan sejumlah negara yang memiliki perbatasan darat secara langsung yakni Malaysia, Tomor Leste dan Papua Nugini. Proyek ini terus mendapat pengawasan agar pembangunannya berjalan sesuai rencana.

Bagaimana perkembangannya saat ini?

"7 PLBN sudah hampir rampung. Tinggal finishing (penyelesaian). Malah, PLBN Motaain sudah 100%," kata menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono kepada detikFinance, Rabu (14/12/2016).

PLBN sebenarnya sudah dimiliki oleh Indonesia. Hanya saja, secara fisik bangunan, sebagian besarnya lusuh dan tidak memenuhi standar. Struktur dan tata letak bangunan di komplek PLBN didapati kurang tepat.

Bahkan ada PLBN yang tidak lengkap fasilitasnya, seperti tidak memiliki gudang penyimpanan barang karantina hingga tidak dilengkapi metal detectoruntuk pemeriksaan warga yang melintas di perbatasan.

Dampaknya, proses keimigrasian tidak bisa dilakukan secara optimal serta rentan penyelundupan.

Sehingga menurut Basuki, PLBN-PLBN tersebut harus dirombak dan dibangun ulang agar tidak hanya lebih cantik tetapi juga lebih memadai untuk menunjang kegiatan keimigrasian.

Dalam periode pemerintahan Presiden Joko Widodo, ada 7 fasilitas PLBN yang dibangun ulang tersebut antara lain PLBN Entikong di Kabupaten Sanggau, PLBN Aruk di Kabupaten Sambas.

Ada juga PLBN Nanga Badau di Kabupaten Kapuas Hulu, PLBN Motaain di Kabupaten Belu, PLBN Motamasin di Kabupaten Malaka, PLBN Wini di Kabupaten Timor Tengah Utara, dan PLBN Skouw di Kota Jayapura.

"Selain Motaain, PLBN Motamasin dan Wini (juga berbatasan dengan Timor Leste) juga hampir rampung. Akhir bulan lalu saya cek sudah 96%. Mungkin saat ini sudah 98%. semakin dekat 100% lah," kata dia.

"Jadi 7 PLBN ini sudah siap semua untuk diresmikan Presiden Jokowi sampai akhir tahun," tandas dia. (dna/ang)

No comments:

Post a Comment