Monday, December 26, 2016

Anies: Makanya Jadi Pemimpin Jangan Hanya Lihat Data...

Salah seorang warga di Tegal Alur, Jakarta Barat, meminta tanggapan Anies Baswedan soal reaksiDjarot Saiful Hidayat saat kunjungan ke daerah tersebut. Menurut dia, saat itu Djarot kaget melihat lingkungan buruk di Tegal Alur.

Anies merupakan calon gubernur, sedangkan Djarot merupakan calon wakil gubernur pada Pilkada DKI Jakarta 2017.
"Kemarin Pak Djarot ke sini, terus dia kaget lihat kali kotor sama air bersihnya enggak ada. Menurut Pak Anies gimana?" tanya warga tersebut kepada Anies di Tegal Alur, Jakarta Barat, Senin (26/12/2016).
Menurut warga itu, idealnya pemimpin tidak bersikap seperti itu. Pemimpin harus mengetahui persoalan di daerahnya.
Anies pun berpendapat demikian. Menurut dia, pemimpin harus mengetahui persoalan dan dekat dengan rakyat.
"Makanya kalau jadi pemimpin jangan hanya lihat data, tapi datang ke lapangan, dekati rakyat," kata Anies kepada warga tersebut.
Anies mengakui bahwa seorang pemimpin akan sulit mendatangi setiap RT. Sebab jumlah RT di Jakarta mencapai 27.000 lebih.
Namun, hal tersebut bukan sebagai alasan pemimpin tak tahu permasalahan di lingkungannya. Menurut dia, harus ada mekanisme agar bisa mengetahui secara cepat. Dengan begitu, nantinya akan ada respon cepat dari pemimpin terkait laporan tersebut.
"Saya rasa ke depan kami buat transparan, supaya warga tahu apa yang mau dibangun dan dikerjakan, sekadar masyarakat merasa pemimpin datang lihat. Jadi harus ada solusi juga," kata dia.

No comments:

Post a Comment