Wednesday, December 14, 2016

"Bagaimana Sikap Pak Anies soal Izin Pembangunan Rumah Ibadah?"

Sejumlah perwakilan gereja di Jakarta menyampaikan keluhan terkait perizinan pembangunan gereja kepada calon gubernur-calon wakil gubernur, Anies Baswedan-Sandiaga Uno.

Keluhan itu disampaikan dalam kunjungan Anies-Sandiaga ke Kantor Pusat Oikumene Jakarta (POJ) Persatuan Gereja-Gereja Indonesia (PGI) di Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu (14/12/2016).
Haror Rajagukguk, salah satu perwakilan anggota Persatuan Gereja-Gereja Indonesia Wilayah Jakarta, menyampaikan bahwa banyak gereja yang tidak diizinkan untuk dibangun.
Dalam kesempatan itu, Haror juga menanyakan apakah nantinya Anies berani memutihkan atau memberikan izin rumah ibadah di Jakarta yang telah dibangun selama lima tahun agar tidak digusur.
"Kalau jadi gubernur-wakil gubernur, Pak Anies-Sandiaga, bagaimana sikap tentang ketimpangan (perizinan) rumah ibadah," ujar Haror.
Anies menyampaikan, untuk mengatasi hal itu, ia berencana membangun kepercayaan masyarakat mengenai keberagaman.
Menurut dia, masalah terkait perizinan pembangunan rumah ibadah ini belum bisa diselesaikan hanya dengan adanya aturan yang mengikat soal izin membangun rumah ibadah.
"Menurut saya kepercayaan di antara umat rendah, Kami ingin membangun warga kota, manusianya. Artinya, problem ini bukan hanya peraturan tapi kepercayaan," ujar Anies.

No comments:

Post a Comment