Sunday, May 1, 2016

Keluarga sujud syukur dapat kabar 10 WNI dibebaskan Abu Sayyaf

Keluarga sujud syukur dapat kabar 10 WNI dibebaskan Abu Sayyaf
Keluarga Bayu korban sandera Abu Sayyaf. ©2016 merdeka.com/arie sunaryo
Merdeka.com - Sebanyak 10 sandera kelompok militan Filipina, Abu Sayyaf yang merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) telah dibebaskan Minggu (1/5). Para awak kapal Brahma 12 yang disandera sejak 26 Maret lalu tersebut dibebaskan di wilayah Sulu.

Mengetahui kabar pembebasan tersebut keluarga Bayu Oktavianto, salah satu sandera asal Dukuh Miliran, Desa Mendak, Kecamatan Delanggu, Kabupaten Klaten langsung melakukan sujud syukur. Sutomo (49) dan keluarga yang hampir putus asa tak bisa menahan luapan rasa gembiranya. Mereka saling berpelukan dan langsung sujudd syukur.

"Alhamdulillah, saya senang sekali anak saya dan para ABK dibebaskan. Anak saya masih seperti dulu, masih terlihat gemuk dan sehat. Ternyata segala upaya kita ada hikmahnya, tidak sia-sia kita setiap hari terus berupaya, terus berdoa. Terimakasih pemerintah dan rekan-rekan media yang sudah memberitakan," ujar Sutomo, saat ditemui di rumahnya.

Sutomo mengaku mendapat kabar pembebasan anaknya dari PT Patria Maritim Lines, perusahaan tempat Bayu bekerja. "Tadi jam empat (16.00) saya ditelpon bu Mega dari perushaan. Sementara ini kami disuruh menunggu pernyataan resmi dan Kementerian Luar Negeri," katanya.

Sutomo dan keluarga berharap anaknya segera dipulangkan dan bertemu keluarga. Ia mengaku akan menggelar syukuran atas keselamatan dan kembalinya Bayu. "Malam ini sebenarnya kami masih menggelar doa terakhir dan sekalian syukuran kecil-kecilan, Besok kalau Bayu sudah pulang kami akan menggelar syukuran lagi," ucapnya bersemangat.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo juga telah memastikan 10 warga negara Indonesia (WNI) yang disandera kelompok militan Abu Sayyaf segera dipulangkan. Malam ini mereka akan diterbangkan ke Indonesia.

"WNI disandera sejak 26 Maret 2016. Saat ini telah dapat dibebaskan. Posisi detik ini akan diberangkatkan dari Zamboanga menuju ke Jakarta, diperkirakan tengah malam sampai di Jakarta," ujar Jokowi di Istana Bogor, Minggu (5/1).

No comments:

Post a Comment