Sunday, May 29, 2016

Jajaki Koalisi Gerindra-PKS-PAN-PD dan Golkar, PDIP Melawan Deparpolisasi

 PDIP menjajaki koalisi dengan sejumlah parpol jelang Pilgub DKI. Ternyata ini bukan hanya untuk mencari penantang Ahok, tapi ada misi lebih besar dari itu.

"Ada beberapa kesepahaman antara partai-partai. Misalnya dengan Gerindra dan PKS kesepahaman itu berkaitan dengan penguatan parpol, kita mencegah deparpolisasi," kata Wakil Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDIP DKI Gembong Warsono saat berbincang, Minggu (29/5/2016).

Isu deparpolisasi memang santer didengungkan menjelang Pilgub DKI. Terutama setelah cagub incumbent Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) memutuskan maju lewat jalur independen. 

Ahok sendiri menganggap langkahnya maju lewat jalur independen bukanlah bentuk deparpolisasi. Mungkin isu deparpolisasi hanyalah bentuk ketakutan parpol yang mulai lemah di mata rakyat.

"Saya dari dulu orang partai, saya juga didikan partai. Ini soal independensi, ini bukannya deparpolisasi. Independen justru bagian dari demokrasi. Ini kan pilihan, makanya di dalam parpol dibuatlah boleh diusung parpol atau diusung rakyat dengan syaratnya," kata Ahok kepada wartawan, Sabtu (12/3/2016).

Lalu siapa yang bakal diusung PDIP cs di Pilgub DKI untuk membuktikan bahwa parpol masih kuat?

No comments:

Post a Comment