Friday, May 1, 2015

Serunya Aksi Warga Bandung Ikut Ngepel Jalan Braga

Serunya Aksi Warga Bandung Ikut Ngepel Jalan Braga
Bandung - Ratusan warga Kota Bandung turun ke jalan untuk turut serta meramaikan kegiatan ngepel Jalan Braga yang dikomandoi langsung oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, Jumat (1/5/2015). Warga dari berbagai kalangan itu terlihat antusias menyikati dan mengepel Jalan Braga.

Pantauan di lapangan, warga yang turun mulai dari pelajar, muda-mudi, ibu-ibu dan bapak-bapak bahkan terlihat anak kecil didampingi orang tuanya. Mereka ada yang tergabung dalam komunitas-komunitas, ada pula yang datang secara personal.

Dalam melaksanakan kegiatan ini, ada yang bertugas menyiramkan air sabun atau menaburkan deterjen bubuk ke trotoar, kemudian yang lainnya sibuk menyikati dan mengepel. Dua tangki mobil air dari Dinas Pemadam Kebakaran dan PMI stand by di sekitaran lokasi untuk menyiram trotoar setelah selesai disikati dan dipel.

Warga berbondong-bondong datang setelah informasi kegiatan ini dikabarkan oleh Emil, begitu Ridwan Kamil akrab disapa melalui akun twitternya.

"Pas Kang Emil nge-twit, ya langsung niat mau datang aja," ujar Dadan (19) warga buah batu.

Ia mengaku tertarik turut serta karena selama sepekan terakhir sudah beberapa kali datang ke area Gedung Merdeka termasuk Jalan Braga untuk jalan-jalan dengan teman-teman.

"Kan ikut menikmati, sekarang ada kesempatan ikut bersihkan ya ingin ikut aja," katanya. Ia pun membawa serta sikat dan dua buah deterjen bubuk sachet.  Namun tak hanya warga Kota Bandung yang tertarik mengikuti kegiatan ini, warga Jakarta seperti Kristian (23) dan lima temannya mengaku sengaja datang untuk ikut acara ini.

"Lima jam perjalanan kami ke Bandung, tapi kami puas bisa ikut acara ini. Seru banget," katanya. Ia dan teman-temannya dari komunitas yang sama menggunakan kaos merah, terlihat berbaur dengan warga lainnya.

Meski kebanyakan warga dalam acara ini tak saling kenal, namun mereka terlihat kompak membersihkan trotoar dengan suka cita.

Kegiatan ini awalnya merupakan bentuk hukuman bagi mereka yang ketahuan merusak fasilitas publik. Namun, Emil sengaja mengajak warga lainnya untuk ikut serta.

Terlihat diantara warga mereka yang sedang dihukum yaitu Fadil Simeray (23), Kusnadi (45) dan pekerja dari wedding photografi.



No comments:

Post a Comment