Tuesday, May 5, 2015

Ketua Fraksi Nasdem DPRD DKI: Nih Lihat, Pak Inggard Bilang Apa...

Jessi CarinaKetua Tim Angket Muhammad Sangaji, pengamat politik Margarito Kamis, dan Wakil Ketua Tim Angket Inggard Joshua.

Ketua Fraksi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Bestari Barus memperlihatkan notulensi rapat internal fraksi ketika membahas sikap terhadap hak menyatakan pendapat (HMP). Dalam notulensi tersebut, Bestari memperlihatkan beberapa poin yang diucapkan salah satu anggota fraksi, Inggard Joshua, dalam rapat. 

"Nih lihat, pak Inggard bilang apa," ujar Bestari di gedung DPRD DKI, Senin (5/5/2015). 

Dalam notulensi, Inggard disebut telah mengungkapkan alasannya tetap mendukung hak angket. Dia mengikuti proses angket hingga selesai untuk membuktikan bahwa Fraksi Nasdem tidak terlibat dalam tuduhan buruk yang dilontarkan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama kepada DPRD DKI. 

Selain itu, dalam notulensi Inggard juga mengaku malu jika tiba-tiba mencabut dukungan terhadap hak angket. Akan tetapi, pada akhir pembicaraan Inggard, dia sepakat bahwa proses ini hanya selesai di hak angket saja. Inggard akan mengikuti keputusan fraksi untuk tidak mendukung hak menyatakan pendapat (HMP). 

Inggard Joshua merupakan anggota Fraksi Nasdem yang masuk ke dalam kepanitiaan menjadi sekretaris tim angket. Padahal, fraksinya telah membuat sikap untuktidak mendukung hak angket. 

Sikap Inggard yang bertentangan dengan fraksi ini membuat dia menerima teguran dari DPD partai. Bestari mengatakan dinamika seperti ini sangat wajar dalam fraksi. Dia pun mengingatkan bahwa dulu, dia adalah orang pertama yang mendorong hak angket terhadap Ahok (sapaan Basuki). Akan tetapi, tiap fraksi memiliki pimpinan pusat. Sehingga segala keputusan harus berkoordinasi dengan pimpinan pusat terlebih dahulu. 

"Jadi ya kita enggak bisa asal memutuskan mau apa. Kita harus koordinasi dulu," ujar Bestari.

No comments:

Post a Comment