Friday, June 6, 2014

Basuki: Satpam Monas, Tolong Lebih Berani sama PKL

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama kesal melihat kondisi Monas semakin sesak oleh pedagang kaki lima (PKL). Kekesalan Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu diungkapkannya saat memberikan sambutan pada acara serah terima sumbangan bus oleh perusahaan swasta, di Lapangan Silang Barat Daya Monas, Jumat (6/6/2014).  

"Satpam Monas, tolong lebih berani lagi, PKL-nya lebih ditertibkan. Di sini banyak pelanggaran, sudah mau jadi Tanah Abang kedua," kata Basuki dengan nada meninggi.  

Menurut dia, dengan Perda Nomor 8 Tahun 2007 tentang Ketertiban Umum, aparat seharusnya berani menertibkan para PKL. PKL, kata dia, telah diberi tempat berdagang di Lapangan ex-IRTI (Ikatan Restoran dan Taman Indonesia) Monas. Lokasi itu terletak di dekat kandang rusa, di sisi Timur. PKL di sana pun terlihat memprihatinkan karena tercampurnya barang dagangan yang diperjualbelikan. 

"Ini satpam UPT bagaimana sih, enggak becus menertibkan. Masih kalah dengan Satpol PP, kalau mau hidup di Jakarta harus tertib," kata Basuki.  

Pantauan Kompas.com,  halaman parkir Monas sudah disesaki pedagang makanan, mainan, dan pakaian. Pengunjung pun kesulitan masuk ke area Monas lantaran pintu gerbang tertutup pedagang. 

Kondisi serupa juga terjadi di dalam Monas. Para pedagang kaus, makanan, dan pedagang lainnya memenuhi jalan di dalam Monas. Bahkan, beberapa saat setelah Basuki meninggalkan lokasi acara, pedagang langsung menggelar barang dagangan mereka. Para petugas keamanan UPT Monas hanya berdiam diri, bercanda dengan teman-temannya, dan merokok.

No comments:

Post a Comment