Friday, June 6, 2014

Basuki Naik Taksi dan Bus "Enjoy Jakarta" ke Kantor

JAKARTA, KOMPAS.com - Pada Jumat (6/6/2014) pertama di bulan Juni 2014 ini, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memilih taksi untuk beraktivitas di Balaikota Jakarta. 

Basuki memilih menggunakan transportasi taksi, karena padatnya agenda yang dilaksanakannya. Agenda pertamanya hari ini adalah menerima 30 unit bus sumbangan perusahaan swasta di Lapangan Silang Monas Barat Daya, pada pukul 07.30.

Pria yang akrab disapa Ahok itu berangkat dari kediamannya di Pluit, Jakarta Utara, dengan naik taksi. Tiba di Monas pukul 07.25, Basuki bergegas menuju podium serah terima bantuan bus transjakarta. 

"Saya baru ingat tadi pagi kalau hari ini harus pakai transportasi umum. Langsung saja telepon taksi, saya sarapan di taksi, untung tidak telat," kata Basuki, di Monas, Jakarta, Jumat ini.  

Sementara setelah mengikuti acara tersebut, Basuki beserta jajaran pejabat Pemprov DKI lainnya seperti Plt Sekda DKI Wiriyatmoko dan Kepala Biro Hukum DKI Jakarta Sri Rahayu menggunakan bus single berwarna oranye bertuliskan "Enjoy Jakarta". 

Bus itu milik Pemprov DKI dan biasa digunakan oleh para pejabat DKI untuk melaksanakan tugas. Basuki menggunakan bus itu menuju Balaikota Jakarta, di Jalan Medan Merdeka Selatan. 

Di parkiran khusus Wakil Gubernur pun tidak tampak mobil dinas Basuki, Toyota Land Cruiser berwarna hitam berpelat nomor B 1966 RFR. Sedangkan pengawal pribadi bersama ajudannya tetap menggunakan mobil Nissan X-Trail berpelat nomor B 1764 RFJ.  

Penggunaan transportasi umum ini berdasarkan Instruksi Gubernur DKI (Ingub) nomor 150 tahun 2013 tentang penggunaan kendaraan umum bagi pejabat dan pegawai di lingkungan Pemprov DKI Jakarta. Peraturan itu berlaku setiap hari Jumat di minggu pertama awal bulan. 

Pada awal pelaksanaan di bulan Januari, Basuki menggunakan kendaraan dinasnya. Kemudian, di bulan berikutnya, Basuki menggunakan sepeda dan Bus Kota Terintegrasi Busway (BKTB) menuju ke kantornya.

Berikutnya, Basuki mengayuh sepedanya dari Pluit hingga Balaikota. Pada bulan April, Mei, dan Juni ini, ia memilih menggunakan taksi menuju kantornya.

No comments:

Post a Comment