Friday, January 1, 2016

Gibran dan Kaesang Melawan Haters dengan Canda, Jokowi Tersenyum

Gibran Rakabumi dan Kaesang Pangarep tidak tinggal diam melihat Presiden Joko Widodo dihujat di media sosial. Mereka melakukan perlawanan, namun dengan canda dan sindiran. Apa respons sang ayah?

Ditemui pagi tadi di sela-sela kunjungan di Raja Ampat, Papua, Jumat (1/1/2016), Jokowi tak mau berkomentar banyak soal cuitan anak-anaknya yang ditanggapi positif oleh para pengguna twitter. Dia hanya tersenyum.

"Itu kan biasa saja," ucapnya pendek sambil tersenyum.

Pagi tadi, Jokowi juga didampingi sang putera, Kaesang, saat menikmati matahari terbit di Raja Ampat. Jokowi yang bersarung cokelat dan berkemeja putih itu duduk di dermaga sambil sesekali berbincang ringan dengan Kaesang yang mengenakan kostum olahraga.

Jokowi dan Kaesang
Sama dengan Jokowi, Kaesang pun tak mau berkomentar soal aksinya bersama Gibran di media sosial. Sejak Jokowi jadi presiden, dia tak pernah mau menanggapi permintaan wawancara, terutama menyangkut isu politik.

Jokowi memiliki tiga anak yakni, Gibran, Kaesang dan Kahiyang Ayu. Ketiganya aktif di media sosial, namun yang paling sering merespons tudingan negatif di twitter adalah Gibran dan Kaesang. Berbeda dengan anak presiden pada umumnya, mereka memang tak terjun ke dunia politik atau pemerintahan.

Ketiganya juga sangat jarang bicara soal isu politik secara terbuka ke media. Gibran, sang putera sulung, lebih memilih bercerita soal usaha kateringnya yang dirintis sendiri dan bisnis martabak 'Markobar' yang terus berkembang ke sejumlah kota, termasuk Jakarta.

Kicauan Kaesang dan Gibran
Serangan haters terhadap Jokowi di media sosial memang datang silih berganti. Berbagai isu negatif dihembuskan sejak Pilpres 2014 lalu, mulai dari urusan pribadi, keluarga, sampai soal kinerja pemerintahan. Namun tak semua diresponsnya dengan terbuka. Terakhir, Jokowi difitnah merekayasa pertemuan dengan suku Anak Dalam. Pada faktanya, tudingan itu tidak terbukti. (Baca juga: Pertemuan Jokowi dan Suku Anak Dalam Ramai di Medsos, Ini Cerita Aslinya)

Memakai akun @jokowi, presiden kerap memantau perkembangan di media sosial. Dalam berbagai kesempatan pidato, dia bahkan selalu mengatakan tidak mau tertinggal isu yang menjadi trending tropic di twitter. Saat ramai kasus Papa Minta Saham, Jokowi pun ikut berkomentar.

"Hari ini trending topicnya apa? Dengan jelas bisa kita baca. Paling ramai apa, 'Papa minta pulsa', diganti 'Papa minta saham'," kata Jokowi November lalu saat bertemu dengan ratusan praktisi public relation di Istana.

Tak heran, Jokowi kerap mengimbau pada masyarakat agar memperhatikan anak-anaknya saat bermain media sosial. Sebab, media sosial kini ikut mempengaruhi perkembangan anak-anak.

"Ini perlu saya ingatkan bahwa, kita sekarang ini yang mendidik anak itu bukan hanya guru. Di rumah iya, di sekolah iya. Tapi ada yang lain, malam hari ada yang mendidik. TV itu bisa mempengaruhi. Ada yang namanya media sosial, media online, Facebook, YouTube, Twitter, Path, Instagram, itu juga sangat mempengaruhi karakter anak kita. Hati-hati," kata Jokowi di hadapan para guru.


No comments:

Post a Comment