Friday, June 6, 2014

Ahok: Saya Heran sama Dahlan Iskan...

JAKARTA, KOMPAS.com — Basuki Tjahaja Purnama heran mengapa Menteri BUMN Dahlan Iskan belum bisa membuat kebijakan kereta api kemas masuk ke pelabuhan. Selama ini, peti kemas yang diangkut kereta api harus diturunkan dulu dan dibawa ke pelabuhan dengan truk. 

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta itu berharap, kereta api kemas dapat langsung masuk ke Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

"Saya heran sama Dahlan Iskan enggak bisa mengatasi Pelindo dengan memasukkan kereta api kemas langsung ke Pelabuhan Tanjung Priok. Mudah-mudahan presiden yang baru nanti, beranilah," kata Basuki di Monas, Jakarta, Jumat (6/6/2014).  

Menurut pria yang akrab disapa Ahok itu, Pemkot Surabaya telah menerapkan kereta peti kemas langsung ke Pelabuhan Tanjung Perak. Sementara itu, Jakarta sebagai ibu kota negara masih menggunakan truk padahal seharusnya Pelindo sebagai BUMN yang mengelola Pelabuhan Tanjung Priok mampu menerapkan sistem tersebut. 

"Jakarta ini kacau, peti kemas diangkut truk mesti naik turun. Di mana di dunia ada kebijakan seperti itu? Kalau Pelindo ngototbilang enggak bisa, bohong banget, buktinya Pemkot Surabaya bisa, tuh," kata Basuki. 

Sekadar informasi Pemprov DKI Jakarta akan membangun pelintasan sebidang jalur kereta api berbentuk underpass danflyover untuk kereta angkut peti kemas. Ini sebab, menurut Basuki, pada tahun 2016 mendatang, jalur kereta api penumpang berbentuk layang.


No comments:

Post a Comment