Wednesday, June 18, 2014

Ahok Dorong Jakarta Jadi Kota Ramah Lansia

Jakarta - Pelaksana tugas Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendorong Jakarta menjadi kota yang ramah lansia. Dia merasa prihatin melihat masih banyaknya ketidakpedulian pada lansia. 

Ahok pun meminta seluruh pejabat di Pemprov DKI mulai dari tingkat RT/RW sampai lurah, camat dan wali kota memperhatikan lansia di wilayahnya masing-masing.

"Kami enggak mau ada lansia yang kelaparan. Ini mesti diurusi. Makanya kami mau paksa camat, lurah kami menjadi seperti orang tua dan manajer di perumahan, artinya mereka harus tahu masalah ada lansia di mana dan mengurusnya. Kalau sampai RT RW-nya nggak mau bantu, kita pecat saja. Mereka harus tahu persis orang tua mana yang sakit yang butuh kursi roda dan tongkat,” kata Ahok.

Hal ini disampaikan Ahok itu saat memberikan sambutan dalan acara perayaan HLUN ke 18 Tingkat Provinsi DKI Jakarta di Panti Sosial Bina Insan Bangun Daya 2, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (18/6/2014).

Pemprov DKI juga berencana memperbanyak jumlah panti sosial, salah satu yang akan dibangun yakni di Ciangir, Tangerang. Menurut Ahok, lansia dari kalangan kurang mampu akan lebih bahagia apabila tinggal di panti bersama kalangan sebayanya. 

"Saya perkirakan, nanti di Jakarta harga tanah tambah mahal, kehidupan ekonomi makin susah juga dan mungkin tingkat komunikasi antar orang tua dan anak juga berkurang. Makanya kami akan bangun lebih banyak panti untuk menampung orang tua yang tak punya rumah atau keluarga yang baik. Di panti sama teman sebayanya, sebulan dua minggu ketemu anak cucu, mungkin lebih bahagia daripada satu rumah (dengan keluarga) tapi ribu terus," kata dia.

Rencana berikutnya yakni membuat bus gratis dan taman-taman yang ramah pada lansia. Dia juga meminta dinas kesehatan memaksimalkan puskesmas keliling untuk membantu kalangan lansia kurang mampu.

"Sebab para lansia ini, beliau berjasa atau enggak berjasa pun, pengalaman hidup lebih banyak. Jadi itu tugas kita. Ini ada UU-nya loh, tahun 1998, untuk memperhatikan kesejahteraan para lansia. Enggak gampang loh orang bisa melewati umur 70 tahun. Hidup sudah gitu susah, kalau harus menderita lagi kan keterlaluan. Tugas pemerintah harus memperhatikan mereka," jelasnya.

No comments:

Post a Comment