Sunday, October 16, 2016

Ikut demo Ahok, Amien Rais & Habiburokhman dinilai bernuansa politis

Ribuan umat Islam turun ke jalan melakukan demo terhadap Gubernur DKIJakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, Jumat (14/10) kemarin. Mereka yang tergabung dalam berbagai ormas Islam tak terima dengan pernyataan Ahok yang mengutip salah satu ayat dalam kitab suci Alquran.

Dalam demo tersebut tampak Politikus PAN Amien Rais dan Politikus Gerindra Habiburokhman dalam demo itu. Diketahui, PAN dan Gerindra merupakan partai yang tak mendukung Ahok di Pilgub DKI.

Pengamat Politik dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Pangi Syarwi Chaniago menilai hadirnya Amien Rais dan Habiburokhman saat unjuk rasa menimbulkan nuansa politis atau kepentingan. "Jangan lupa, Amien Rais kan politisi juga. Kita tahu dia juga pasti punya kepentingan," kata Pangi, Sabtu (15/10).

Namun, Pangi menganggap kehadiran mantan Ketua Umum PAN ini sah-sah saja memberikan suaranya kepada salah satu kandidat bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur DKI pada Pilkada 2017. Akan tetapi, harus tetap menjunjung nilai-nilai demokrasi.

"Asalkan kita menghindari isu-isu SARA (suku, ras, agama dan antargolongan) ini saja," ujarnya.

Ia menambahkan Ibu Kota Jakarta merupakan barometer kaca mata dunia melihat Islam demokrasi itu berhenti atau menutup buku terkait isu SARA. Sehingga hal tersebut harus dijaga oleh semua kalangan.

"Selama konteksnya adalah program kerja, prestasi, bagaimana saling mempengaruhi dan bagaimana cara calon-calon itu ya sah-sah saja," tandasnya.

No comments:

Post a Comment