Sunday, October 16, 2016

Ahok: Seluruh Anak Bangsa Punya Hak untuk Duduk di Jabatan Apapun

Ahok: Seluruh Anak Bangsa Punya Hak untuk Duduk di Jabatan Apapun

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mendapat banyak nasihat dari politikus senior PDIP Sabam Sirait soal berpolitik. Salah satunya tentang hak setiap orang untuk memegang jabatan di pemerintahan.

"Nasihat beliau saya ingat sampai hari ini, kita bukan bicara menduduki jabatan, bukan menduduki untuk jadi DPR, Gubernur, Presiden, mau Menteri, bukan. Tapi bagaimana seluruh anak bangsa memiliki hak yang sama menduduki jabatan apapun di negeri ini. Itu yang selalu beliau tanamkan," kata Ahok di Balai Kartini, Jakarta Selatan, Minggu (14/10/2016). 

Hal itu disampaikan saat peringatan ulang tahun ke-80 Sabam Sirait. Selain Sabam, sederet tokoh juga hadir di acara ini di antaranya Menkum HAM Yasonna Laoly, Mendag Enggartiasto Lukita, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, politikus senior Golkar Akbar Tandjung, Sinta Nuriyah Wahid, dan Chairul Tanjung. 

"Jadi istilah politik yang suci itu, banyak juga orang menganggap politik itu sesuatu yang kotor. Beliau ajarkan kepada saya, tidak," ujar Ahok yang kini mencalonkan kembali sebagai cagub DKI. 

Ahok di ultah Sabam Sirait (Foto: Bartanius Dony/detikcom)Foto: Bartanius Dony/detikcom
Ahok di ultah Sabam Sirait (Foto: Bartanius Dony/detikcom)
Dia lalu berkisah ketika hendak diduetkan dengan Joko Widodo di Pilgub DKI 2012. Ada Sabam di tengah keputusan penting tersebut.

"Banyak juga orang tidak tau ketika Ibu Megawati stay di Bali memutuskan siapa pendamping Pak Jokowi di 2012, saya sedang makan siang dengan beliau. Di rumah Pak Sabam," ucapnya. 

Ada pula 'ujian' dari Sabam untuk Ahok. Kegigihannya untuk bertahan di dunia politik ketika itu dipertanyakan. 

"Jarang sekali nasihat beliau kepada saya untuk bersabar, enggak pernah. Malahan beliau suka begini, 'ngapain kamu masuk politik, urus bisnis saja'. Waktu saya jadi bupati. Rupanya itu cuma ngetes doang. Pengen tahu saya sejauh mana pengen masuk ke politik," ungkap mantan Bupati Belitung Timur ini.


No comments:

Post a Comment