Tuesday, March 29, 2016

Peringatan Ahok untuk Para Bakal Cagub DKI: Berani Hadapi Oknum DPRD?

Sejumlah kepala daerah berprestasi disebut layak berlaga di Pilgub DKI 2017. Petahana Basuki T Purnama (Ahok) menyatakan, untuk menjadi cagub DKI yang penting adalah karakter. Pertama, apakah para kepala daerah ini berani melawan manipulasi oknum dewan?

"Kalau kamu pernah menjadi kepala daerah, kan pernah berkuasa, karakter kamu seperti apa. Karakter kamu ini berani enggak, misalnya menghadapi oknum DPRD?" kata Ahok mengomentari niatan Kang Yoto.

Ahok berbicara di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Selasa (29/3/2016). Contoh kedua dari karakter yang wajib dimiliki gubernur DKI adalah soal sikap transparan terhadap penggunaan anggaran.

"Kamu punya anggaran, berani dibuka enggak?" imbuh Ahok.

Aspek ketiga yang wajib dimiliki gubernur DKI adalah soal kepuasan masyarakat. "Masyarakat puas enggak dengan kerja kamu? Kan kuncinya di situ," ujarnya.

Ahok mencontohkan dirinya sendiri di Jakarta, bila masyarakat tidak puas terhadap kinerja Ahok maka berat baginya untuk menjadi gubernur lagi di periode 2017-2022. Maka kepuasan masyarakat terhadap seorang pemimpin juga perlu dijaga.

"Kalau incumbent disurvei kepuasannya di bawah 60-50 persen, bahaya itu. Petahana kerja 3-4 tahun, kepuasan masyarakat terhadap anda di bawah 50 persen. Itu masalah. Berarti Anda enggak kerja," kata Ahok.

Terakhir, ada pula faktor yang cukup memengaruhi pilihan di Pilgub DKI. Namun faktor kali ini agaknya sulit diubah. Sikap ini adalah kecenderungan pilihan berdasarkan kelompok atau suku tertentu.

"Kalau rasis, ada lah," kata Ahok.

Ahok menyatakan pengalaman Kang Yoto sebagai Bupati Bojonegoro tentulah cukup sebagai bekal maju ke DKI. Apalagi, Ahok membadingkan dengan dirinya sendiri, mantan Bupati Belitung Timur saja sudah bisa memimpin Jakarta. "Belitung Timur lebih kecil daripada Bojonegoro," kata Ahok.

Namun bukan sekadar pengalaman dari daerah asal yang terpenting, melainkan karakter justru lebih penting. "Abraham Lincoln pernah ngomong, mau uji karakter sejati seseorang, berilah orang tersebut kekuasaan. Kalau kamu pernah menjadi kepala daerah kan pernah berkuasa, karakter kamu seperti apa," ujar Ahok. 

No comments:

Post a Comment