Thursday, March 31, 2016

Hunian liar di Kamal Muara & Kali Blecong juga bakal diratakan

Pemprov DKI Jakarta ternyata tak cuma membongkar permukiman liar di kawasan Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara. Hunian semi permanen di sisi utara pantai Jakarta juga akan diratakan.

Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta, Teguh Hendrawan, mengatakan kawasan lainnya yang akan dibongkar ada di Kamal Muara dan Kali Blencong Marunda.

"Saat ini untuk Kamal Muara ada 150 bangunan, Luar Batang 480 bangunan dan Kali Blencong ada 5 bangunan," kata Teguh saat dihubungi, Kamis (31/3).

Setelah ditertibkan, Pemprov DKI akan segera mulai membangun tanggul dan dinding turap. Berdasarkan data yang dihimpun, kawasan Luar Batang akan dibangun tanggul sepanjang 1,8 KM dengan biaya sebesar Rp 50 miliar.

Sementara, untuk kawasan Kamal Muara dibangun tanggul 1 KM dengan biaya Rp 150 miliar dan Kali Blencong Marunda akan dibangun tanggul 1,2 KM dengan biaya Rp 177 miliar.

Ditambahkan Teguh, pembangunan tanggul karena tiga kawasan itu kerap terendam banjir saat air rob pasang.

"Ini merupakan bagian dari National Capital Integrated Coastal Development (NCICD), pembangunan tanggul ini untuk langkah antisipasi ancaman air rob," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment