Wednesday, March 30, 2016

Pengurus Masjid Luar Batang: Beberapa Tahun Lalu Ada Pemasangan Lampu

Masjid Jami Keramat Luar Batang menjadi salah satu dari 12 Jalur Destinasi Wisata Pesisir di Jakarta. Masjid di wilayah Penjaringan, Jakarta Utara ini selalu ramai dikunjungi para jemaah maupun peziarah di siang malam.

Pada kondisi malam, masjid ini tetap terang benderang. Penampakan masjid semakin anggun dengan dua menara yang menjulang.

"Kedua menara ini dibangun pada saat Fauzi Bowo menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta. Beliau memang sering datang ke sini, menjadi pembicara saat Ramadan maupun ziarah," ucap Sekretaris Masjid Luar Batang Daeng Mansur, di Kampung Luar Batang, Penjaringan, Jakarta Utara, Selasa (29/3/2016).

Daeng Mansur mengatakan, pembangunan menara tersebut merupakan renovasi fisik terakhir yang pernah dilakukan di Masjid Luar Batang. Setelah itu, pengurus masjid tetap melakukan perawatan rutin.

Saat dikonfirmasi soal pernyataan Gubernur petahana Basuki T Purnama yang pernah melakukan renovasi, Daeng Mansur tidak dapat berkata secara yakin. Pasalnya Ahok maupun petugas Pemda lainnya belum pernah datang secara langsung.

"Ahok maupun orang Pemda belum pernah datang ke sini secara langsung. Hanya saja, kalau Ahok mengatakan memberikan bantuan penerangan, mungkin Pak Haryanto," ujar Daeng Mansur.

Ia melanjutkan Haryanto memberikan karpet, lampu dan pengecatan. Pada saat itu Haryanto memberikan lampu di teras, masjid dan menara.

"Sekarang pun masih ada yang terpasang, ada juga yang sudah putus. Tapi kalau sekarang dinyalakan semua, terlalu besar dayanya. Kita nyalakan sesekali, misalnya malam Jumat," tuturnya.

Di Balai Kota, Ahok mengatakan bahwa perbaikan itu dikerjakan oleh pengembang pulau di Jakarta Utara, sebagai kewajiban mereka terhadap Pemprov DKI. Namun, Daeng Mansur tidak tahu identitas rinci Haryanto.

"Saya menjadi sekretaris masjid pertengahan 2015. Untuk Pak Haryanto, dari sekretaris sebelumnya juga tidak tahu. Karena Pak Haryanto sendiri juga tidak menjelaskan dirinya," kata Daeng Mansur.

Daeng Masur kemudian memberikan pendapat dan harapannya kepada Pemprov DKI Jakarta. Ia berharap Kampung Luar Batang tetap dipertahankan.

"Kampung dan Masjid Jami Keramat Luar Batang adalah sebuah kesatuan. Tolonglah Pak Ahok, selamatkan Kampung Luar Batang ini. Karena kampung ini juga sedang diusahakan ke Unesco sebagai warisan budaya," ujarnya. 

No comments:

Post a Comment