Tuesday, September 29, 2015

Warga Keluhkan Adanya Penyalahgunaan Dana KJP di Pasar Jaya Cibubur

Suasana di dalam Pasar Jaya Cibubur di Jakarta Timur. Di dalam pasar ini diduga terjadi praktik penyalah gunaan dana KJP oleh oknum siswa dan pedagang. Selasa (29/9/2015).

Kasus dugaan penyalahgunaan danaKartu Jakarta Pintar (KJP) terus terjadi. Kali ini, dugaan penyalahgunaan KJP itu terjadi di Pasar Jaya Cibubur. Warga mengeluhkan praktik yang terjadi lebih dari sebulan tersebut. 

Laporan datang dari seorang warga yang minta tidak disebutkan identitasnya. Sejumlah oknum pedagang pasar disebutkan menerima pembelanjaan dari pengguna KJP untuk barang di luar kebutuhan atau peralatan sekolah. 

"Saya melihat sendiri pelajar datang ke sini, tapi dia membelanjakan jam tanggan Rp 400.000," kata pelapor saat ditemui wartawan di kawasan Jakarta Timur, Selasa (29/9/2015). 

Dirinya melanjutkan, praktik tersebut dilakukan oleh siswa dan juga orangtua. Ia tak tahu mengapa pedagang mendukung praktik tersebut. 

"Saya berharap aturannya diketatkan," tambahnya. 

Sementara itu, Nita (35), seorang pedagang Pasar Jaya Cibubur yang menjual tas untuk kebutuhan sekolah mengatakan, dirinya tidak tahu soal praktik tersebut. "Kurang tahu saya, tapi kan enggak bisa belanja di luar kebutuhan sekolah," ujar Nita. 

Nita mengatakan, ia hanya melayani pemilik KJP yang hendak membeli peralatan sekolah. Menurutnya, sejak dua bulan lalu memang sejumlah pedagang pasar tersebut melayani soal KJP. 

Pantauan Kompas.com, di Pasar Cibubur, banyak pedagang yang telah menerima sistem transaksi pembelian dengan KJP. Kebanyakan kios di dalam pasar tersebut menandakan diri menerima pembelian dengan KJP, dengan memasang atau menempel pamflet. 

Beberapa kios yang menjual pakaian wanita dan pakaian gamis pun turut memasang pamflet tersebut.

No comments:

Post a Comment