Thursday, July 9, 2015

Hasil Tracking: 39 Orang Capim KPK Meragukan Integritasnya

Koalisi Masyarakat Sipil melakukan pelacakan rekam jejak calon pimpinan KPK. Dari 194 calon yang lolos administrasi, ada 39 orang yang meragukan integritasnya.

“Dari sisi integritas capim KPK, ada 39 orang atau 20% yang kita ketahui tapi meragukan integritasnya sebagai pimpinan KPK,” jelas Tim Investigasi Koalisi Masyarakat Sipil dari ICW, Lais Abid, Kamis (9/7/2015).

Menurut Lais, juga hanya 28 orang atau 14%, yang diketahui dan kenal mereka memiliki integritas yang baik sebagai capim KPK.

“Sisanya sebanyak 127 orang atau 66% kami tidak mengetahui apa dasarnya maupun background mengikuti seleksi Capim KPK,” urai dia.

Menurutnya juga, dari para Capim itu, yang ikut dan termasuk dalam kegiatan positif pemberantasan korupsi, ada sebanyak 25 orang dan memang terlibat dalam peran pemberantasan korupsi sebanyak 13%

“Yang kita ketahui dan terlibat dalam membela tersangka maupun terdakwa korupsi sebanyak 12% atau 23 orang dari 194 peserta yang lolos seleksi administrasi capim KPK. Ada pula 10% orang yang belum kita ketahui apakah dia terlibat dalam kegiatan pemberantasan korupsi atau malah terlibat dalam kasus korupsi,” jelas Lais.

“Dan sebanyak 127 peserta lainnya atau sekitar 65 % tidak ada informasinya baik pengalaman maupun keikutsertaanya dalam pemberantasan antikorupsi,” tutupnya. 

No comments:

Post a Comment