Friday, November 6, 2015

Menengok Persiapan Kali Ciliwung Menghadapi Musim Hujan

Pemprov DKI Jakarta mulai melakukan persiapan dalam menghadapi musim hujan. Salah satunya dengan membangun tanggul di pinggiran Kali Ciliwung. Bagaimana wujudnya?

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (6/11/2015), pembangunan tanggul di Kali Ciliwung yang berlokasi di dekat Jalan Condet Raya, Jakarta Timur, masih terus berjalan. Terlihat para pekerja sudah menyelesaikan tanggul sekitar sepanjang 100 meter.

Nantinya di sepanjang tanggul akan dibuat jalan kecil. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah petugas atau warga dalam membersihkan kali.

Menurut salah satu pekerja, Asep, tanggul tersebut memang dibuat untuk menghadapi musim hujan. Tanggul dibuat supaya, tanah yang dipinggir kali tidak masuk ke dalam kali.

"Tanggul buat banjir. Jadi kalau musim hujan datang, tanah yang berada di pinggir-pinggir Kali Ciliwung tidak masuk ke tengah kali," jelas Asep saat berbincang.

Selain membuat tanggul, petugas juga mengeruk kali. "Ini supaya kali dangkal dan membersihkan sampah-sampah yang masuk," terangnya.

Kondisi Kali Ciliwung saat ini memang sangat berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Sampah-sampah yang biasanya menumpuk di pinggir kali, saat ini sudah tidak terlihat lagi.


No comments:

Post a Comment