Wednesday, November 11, 2015

Ahok: Kalau Jakarta Utara Banjir Tak akan Lebih dari Sehari

Sejumlah wilayah di Jakarta diperkirakan masih akan dilanda banjir saat musim penghujan tahun ini. Salah satunya adalah wilayah Jakarta Utara. 

Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) pun membangun dinding turap (sheet pile) agar banjir tak melanda wilayah Jakarta Utara. Namun nampaknya pembangunan dinding turap tak akan selesai tahun ini, sehingga daerah Jakarta Utara kemungkinan masih bisa dilanda banjir. 

Namun, kata Ahok, banjir di wilayah Jakarta Utara maksimal 6 jam alias tak akan lebih dari satu hari seperti tahun-tahun sebelumnya. Syaratnya semua pompa di Waduk Pluit dan Pasar Ikan berfungsi dengan baik.  

"Jadi seluruh tembok utara baru selesai 2017 karena kita terkendala dengan geser orang. Kebanyakan diduduki orang di tepi laut. Tapi kalau itu belum selesai, banjir kita. Kalau tidak ada masalah pompa dan (genangan air) tidak akan lebih dari sehari," terang Ahok.

Ahok menyebut estimasi waktu surutnya genangan di kawasan utara Jakarta memakan waktu 6 jam. Selama pompa di Waduk Pluit dan Pasar Ikan beroperasi secara optimal dan kondisi air laut sedang tidak pasang.

"Kenapa enggak lebih dari sehari? Karena pasang kan enam jam kalau dia turun pasti surut. Kecuali lagi dia pasang, hujannya tiga hari tiga malam. Nah, itu mau enggak mau jadi mangkok kita," kata dia.

"Jadi mangkok, kita khawatir ada beberapa pompa yang terendam. Nah, kita doa saja kalau hujan enggak tiga hari tiga malam," pungkasnya.

No comments:

Post a Comment