Thursday, September 1, 2016

Veranda Talk, Ungkapan Keintiman Jokowi Terhadap Tamu Negara

Veranda Talk, Ungkapan Keintiman Jokowi Terhadap Tamu NegaraFoto: Jokowi lakukan Veranda Talk dengan Ratu Belanda/ Jordan detikcom

Presiden Joko Widodo menerima kunjungan Ratu Belanda Queen Maxima di Istana Negara. Dalam pertemuan itu, Jokowi mengajak Queen Maxima untuk berbincang intim di beranda Istana Merdeka.

Kepala Sekretariat Presiden Darmansjah Djumala mengatakan, ada tradisi baru yang dilakukan Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan. Bagi tamu negara yang dianggap dekat oleh Presiden, akan diajak berbincang santai di beranda Istana Merdeka, atau disebut dengan istilah Veranda Talk.

"Veranda Talk itu maknanya adalah pembicaraan intim, intimate conversation antara Presiden dengan beberapa tamu negara yang dianggap dekat dan dianggap penting di dalam substansi maupun dalam hubungan," kata Darmansjah di Istana Merdeka, Jl Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016).

Darmansjah mengatakan, Presiden Jokowi menilai Belanda adalah negara yang punya kedekatan dengan Indonesia. Untuk itu Queen Maxima dirasa pantas untuk diajak Veranda Talk.

"Belanda kan adalah negara yang dekat dengan kita. Dan di dalam substansinya Presiden menyampaikan beberapa hal yang perlu disampaikan secara detail. Oleh karena itulah kita dari Sekretariat Presiden mendesain satu format pertemuan, ini format pertemuan, yang disebut Veranda Talk, pembicaraan di beranda," katanya.

Darmansjah mengatakan, Veranda Talk ini akan dijadikan sebagai tradisi jika Presiden ingin mengadakan pembicaraan yang intim. Tradisi ini dipelopori langsung oleh Presiden Jokowi.

"Artinya bicara dari hati ke hati, substansinya sangat penting bagi Presiden, plus karena hubungan yang dekat. Lihat saja, kan beberapa (tamu) negara diajak ke sana dan ngomongnya ada yang 15 menit, nah ini 45 menit, lama banget hampir satu jam. Veranda talk ini ke depan akan kita angkat sebagai satu format standar bagi Presiden dalam rangka membicarakan hal-hal strategis, penting dan punya hubungan dekat. Jadi Veranda Talk adalah format pertemuan yang di-introduce oleh beliau dalam rangka menemui tamu negara yg dianggap seperti itu tadi. Baru di zaman Pak Jokowi, seperti kalau di Amerika kan ada Summer Garden itu yah. Ini istilah, format pertemuan di Istana, jelas Drmansjah.

Lokasi Veranda Talk ini berada di bagian belakang Istana Merdeka. Posisinya menghadap taman dan lapangan asri yang dipenuhi oleh tumbuhan dan pepohonan besar. Terdengar juga suara kicauan burung. Di seberangnya juga terlihat langsung bangunan Istana Negara.

Lalu, apa faktor pengukur tamu negara pantas diajak untuk Veranda Talk oleh Presiden?

"Siapa yang bisa, itu sangat tergantung persepsi Presiden. Presiden yang menentukan. "Ah aku mau ngomong detail, mau ngomong hal yang startegis," atau Presiden merasa dekat, itu beliau. Nah biasanya pagi-pagi itu sebelum terima tamu, kita tanya, Pak mau Veranda Talk enggak? Langsung iya atau enggak. Jadi penentuannya beliau sendiri, itu kan tergantung feeling. Ini format yg baru di-introdusir sejak Timur Leste kemarin. Ingat kan? Jadi ngobrolnya lama, enak, soal hal-hal strategis. Presiden merasa dekat," jelas Darmansjah.

No comments:

Post a Comment