Thursday, September 1, 2016

TransJ Janji Tambah 250 Bus pada September hingga Oktober

Penerapan pembatasan kendaraan berdasarkan nomor polisi dengan sistem ganjil-genap mendorong masyarakat Jakarta beralih ke transportasi massal. Bus-bus Trans Jakarta kian penuh disesaki masyarakat. Kini TransJakarta menjanjikan bus baru.

"Bulan September tambah 100 bus. Kemudian Pada Oktober-November ada 150 bus," kata Direktur Utama PT TransJ, Budi Kaliwono, saat berbincang, Kamis (1/9/2016).

Dia menjelaskan, bus-bus baru itu berkategori ukuran 'maxi'. Mereknya adalah Mecedes Benz, Scania, dan MAN. Bus-bus baru ini tak akan dipatok untuk koridor tertentu saja, namun secara umum akan menambah operasionalisasi 1.030 bus yang ada sekarang.

"Semua koridor, tergantung kebutuhan. Misalnya, Koridor IV (Pulo Gadung-Dukuh Atas)," ujarnya.

Budi melanjutkan, Koridor I (Blok M-Kota) akan sangat dijaga. Kini, 85 persen Koridor 1 disebutnya sudah mencapai headway (jarak antarbus) di bawah 90 detik. Meski begitu, bila kondisi macet headway bisa 20 menit. Ada 300 bus khusus untuk koridor ini. 

Apakah akan ditambah juga bus untuk 'koridor favorit' ini? "Kalau semakin penuh tapi tak ada pelanggan, maka waktu tempuh pelanggan jadi panjang. Di halte saja (busnya) bisa mengantre (bila kebanyakan bus yang beroperasi). Makanya untuk sekarang saja, bus kita pulangkan untuk siang hari dan sore jalan lagi," jawabnya.

Jumlah total 1.030 bus yang beroperasi saat ini belum ideal secara kuantitas. Angka idealnya adalah sekitar 2.400 bus yang beroperasi setiap harinya. Maka penambahan bus masih terus dilakukan.

"Dan bus-bus kita baru semua. Ini akan diatur penggunaannya supaya tidak menjadi beban inefisiensi operasional," ujar Budi. 

No comments:

Post a Comment