Tuesday, August 30, 2016

Ketemu Jokowi, Roy Marten Hingga Desta Curhat Soal Pajak

Ketemu Jokowi, Roy Marten Hingga Desta Curhat Soal PajakFoto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -Salah satu kalangan yang disasar terkait kebijakan pengampunan pajak alias tax amnesty adalah artis dan selebritis tanah air. Bagaimana tanggapan mereka soal penghasilan keartisannya yang harus dikenakan pajak?

Aktor kawakan Roy Marten mengaku dirinya sudah memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP). Menurutnya itu adalah hal yang penting. Namun dia kesal karena Direktorat Pajak terkesan selalu terlambat dalam mensosialisasikan wajib pajak.

"Memang Ditjen Pajak ini selalu terlambat. Jadi sewaktu terkenal, banyak duit itu enggak dipajakin. Nanti kalau sudah pensiun baru dipajakin. Selalu terlambat. Harusnya cepat, yang top-top sekarang didatangi. Harus jemput bola, jangan kalau sudah pensiun, enggak ada penghasilan, sudah tua baru dipajakin," kata Roy saat ditemui usai makan siang bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Selasa (30/8/2016).

Aktor yang dulu juga seorang penyiar radio, Desta, menilai pajak merupakan kewajiban setiap warga negara. Dia sendiri mengaku rutin membayar pajak tepat waktu.

"Ya kalau gue sih ya tidak mengerti, tapi gue menjalankan apa yang diharuskan. Bayar pajak, punya NPWP," katanya.

"Kita sebagai warga negara yang baik harus taat bayar pajak. Kita enggak tahu ke mana arahnya pajak itu, tapi yang jelas ya bayar pajak," tambahnya.

Sementara itu, aktor yang juga lebih dikenal sebagai stand up comedian Ernest Prakasa mengatakan dirinya tak berani 'macam-macam' soal pajak. Dia juga selalu bayar pajak penghasilannya ke negara.

"Kalau saya soal pajak enggak berani aneh-aneh. Selalu taat dan menjadi warga negara yang baik saja lah. Dari pada nanti jadi masalah. Selalu melaporkan semuanya. NPWP juga sudah lama banget punya," katanya.

Selain itu, aktor yang juga pembawa acara Gading Marten juga menegaskan, setiap warga negara wajib mempunyai kartu NPWP. Karena hal ini sangat dibutuhkan.

"Harusnya sih punya. Saya pribadi punya. Karena memang itu suatu kewajiban untuk penduduk ya. Untuk mengurus apapun ya butuh itu. Kan beberapa teman ada yang di dunia seni kadang punya bisnis atau mencicil mobil kan butuh NPWP," kata Gading..

Artis Tak Punya NPWP?

Pada kesempatan yang sama, sutradara film lokal, Hanung Bramantyo, menepis anggapan masyarakat soal pasar selebritis yang tidak punya NPWP. Menurutnya, itu adalah anggapan yang keliru.

"Punya (NPWP), ya warga negara yang baik saya. Kan sebagai sebagai warga negara yang baik kita tuh sudah menginjakkan kaki di negeri ini, kita mengambil banyak di sini, minum di sini, makan di sini, ya ngasih lah, ngasih pajak negara ini," ujar Hanung.

"Ini kan wujud kecintaan kita kepada republik ini. Bahwa persoalan pajak itu dikorup sama pejabat, ya itu biar pejabatnya saja yang dosa. Saya tidak perlu sebagai warga negara tidak perlu kemudian mencincai pajak kan tidak perlu," katanya.

No comments:

Post a Comment