Friday, August 19, 2016

Ahok: Layanan 112 Masalahnya di Mana? Kalau soal Teknis, "Nyontek" Saja 911

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengungkapkan kekecewaan terhadap Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) karena tak kunjung dapat digunakannya layanan darurat 112.

Ia menganggap seharusnya penggunaan layanan tersebut tak menemui kendala apabila BPBD dapat menyontek sistem layanan darurat yang ada di Amerika Serikat, 911.
"Aku juga enggak ngerti, bingung sudah aku, 112 masalahnya di mana? Alasannya teknis melulu. Kalau memang teknis, nyonteksaja, enggak usah ciptain sistem baru. Kenapa enggak nyontek 911?" kata dia di Balai Kota, Kamis (18/8/2016).
Ia menyampaikan pernyataan itu dalam acara penandatangan kerja sama Pemerintah Provinsi DKI dengan enam radio untuk membantu menginformasikan kebakaran yang ada di Jakarta.
Ahok menyatakan bahwa ia berencana menemui Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara untuk menyampaikan keluhannya itu.
Ia berharap Kementerian Kominfo dapat memberikan solusi atas permasalahan tersebut.
Dalam upaya mengoperasikan layanan 112, Pemprov DKI menggandeng BCA untuk melatih dan membagi teknologinya.
"Saya sudah kesal ini. Pelatihan biasanya mau latih. Tapi MoU belum keluar-keluar sampai hari ini," ujar Ahok.
Adapun layanan darurat 112 rencananya akan berisi berbagai pelayanan yang sangat mungkin dibutuhkan masyarakat dalam keadaan darurat, seperti mobil pemadam kebakaran, ambulans, dan Kepolisian. "Kayak pesan Go-Jek. Saya pengin terintegrasi semua," ujar Ahok.

No comments:

Post a Comment