Tuesday, August 30, 2016

Cerita Megawati Soal Bung Karno, Pak Harto dan Tawaran Masuk Golkar

- Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri diminta untuk memberikan arahan di Sekolah Partai. Saat memberikan arahan di hadapan 50 calon kepala daerah, Mega bercerita saat dirinya harus menghadap Presiden Soeharto usai kongres luar biasa Partai Demokrasi Indonesia.

"Jadi waktu itu saya Ketua Umum PDI. Saya dulu sampai ketemu dengan Presiden Soeharto. Apa benar Pak Harto tak senang dengan keluarga Bung Karno? Sampai ada kejadian 27 Juli. Sudah (PDI) pengurusnya sah," kata Megawati Soekarnoputri di hadapan 50 calon kepala daerah di Wisma Kinasih, Depok, Jawa Barat, Selasa (30/8/2016).

Sebelum bertemu Pak Harto, lanjut Mega, dirinya dikasih tahu oleh ajudan Pak Harto tata cara bertemu penguasa Orde Baru itu. Misalnya saja cara duduk di depan Pak Harto.

"Ajudan itu bilang pada saya. Nanti duduk berjejer di depan beliau. Kalau Pak Harto tidak bertanya, diamkan saja. Lalu pikiran saya di sini krik krik. Siapa nyuruh ajudan diamkan saya. Ternyata Pak Harto itu susah senyum ya. Lalu di dalam itu diam," lanjutnya.

Untuk memecah keheningan, Mega lalu menyebutkan alasan ia datang menghadap Soeharto. "Dengan kata-kata yang bagus saya kemudian bilang ke Pak Harto, mohon maaf saya ingin melaporkan bahwa PDI sudah melakukan kongres luar biasa, tapi dia cuman ngangguk-ngangguk," ucap Megawati.

Mega lalu bercerita saat dirinya ditawari masuk Golkar di era Orde Baru, ketika itu ia diajak temannya yang dari Golkar untuk bergabung. Saat itu PDI sedang terpecah dan berantakan.

"Waktu saya masuk PDI saya berpikir saya salah pilih partai. Padahal teman-teman saya di Golkar bilang kenapa harus masuk PDI? Masuk saja ke Golkar pasti dapat jabatan. Tapi apa mau mereka mau nerima saya? Pas masuk PDI, ini partai berantakan. Tapi siapa suruh saya masuk PDI? Tapi saya akan tunjukan kepada mereka, rakyat saya, bahwa keluarga Bung Karno itu bukanlah keluarga sembarangan. Jadi betul-betul itu tertanam di sini," tuturnya.

No comments:

Post a Comment