Saturday, August 20, 2016

Jakarta Kebanjiran, Dinas Tata Air Kerahkan Petugas dan Pompa Air

Sejumlah daerah di wilayah Jakarta malam ini banjir akibat hujan yang mengguyur sejak petang. Dinas Tata Air DKI Jakarta bergerak cepat mengantisipasi meluasnya banjir dengan mengerahkan pompa air di sejumlah titik rawan genangan.

"Di sejumlah titik seperti di Bundaran HI, Slipi, Grogol, dan lain lain di lokasi yang memang rawan genangan. Kita antisipasi dengan mengerahkan pompa. Semua pompa standby, baik pompa stasioner maupun pompa mobile," ujar Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendrawan saat dihubungi detikcom, Jumat (19/8/2016) malam.

Teguh menjelaskan, dengan difungsikannya pompa-pompa tersebut, banjir di sejumlah wilayah tersebut mulai surut. Ditambahkan dia, seluruh pegawai Dinas Tata Air DKI Jakarta langsung turun ke lapangan ketika hujan tak kunjung berhenti malam ini.

"Kalau di lapangan masing-masing bidang dari tingkat kota sampai kecamata turun. Di tingkat kecamatan 20 orang, 50 orang dari Sudin pusat," jelasnya.

Banjir yang terjadi malam ini, kata Teguh, disebabkan oleh sejumlah faktor. Selain faktor intensitas hujan yang tinggi, kondisi air laut yang tengah pasang juga turut mempengaruhi.

"Kita dari satgas pertama kali cek ada genangan satgas langsung bergerak membersihkan saluran air dari sampah-sampah. Kejadian hari ini juga pas posisi air laut tinggi. Saya tadi pantau di Ancol memang tinggi, makanya langsung kita buang ke Sunter," kata Teguh. 

No comments:

Post a Comment