Sunday, August 28, 2016

Tembok Kemchick dan Hotel Pop Kemang di Bantaran Kali Krukut Jebol

Dinas Tata Air DKI Jakarta bakal memasang bronjong untuk menanggulangi jebolnya tembok rumah warga di bantaran Kali Krukut, Kemang, Jakarta Selatan. Bronjong merupakan kotak dari anyaman kawat yang diisi oleh batu-batu di tepi sungai.

"Ini jebolnya dari rumah tembok orang, ada lima rumah. Kami paksa tutup rumah itu, supaya airnya enggak lewat," kata Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok, di Kementerian Kehutanan dan LH, Jakarta Pusat, Minggu (28/8/2016).
Selain itu, kata Ahok, Pemprov DKI Jakarta juga terus mengirim alat berat ke lokasi. Hanya saja, lanjut dia, alat berat tidak bisa digunakan untuk mengeruk Kali Krukut hingga kedalaman dua meter. Sebab, badan kali sudah diduduki oleh warga.
"Nanti semua dinding rumah orang roboh. Kamu bangun rumah begitu, kalau saya gali, roboh kan? Kami beli, enggak bisa juga," kata Ahok.
Kepala Dinas Tata Air DKI Jakarta Teguh Hendarwan mengatakan, banjir di kawasan Kemang bukan karena jebolnya tanggul. Melainkan jebolnya tembok rumah warga yang dibangun di bibir kali.
Dia mengatakan, ada lima rumah warga yang temboknya dibangun persis di badan kali. Rumah tersebut berada di Jalan Kemang Selatan 8, 10, 12, Kemchick dan Hotel Pop Kemang.
Teguh menyayangkan jebolnya tembok rumah warga tersebut. Sebab, ada batas garis sepadan kali sepanjang 20 meter. Siapapun tak boleh mendirikan bangunan di sana.
"Tapi mereka ada sertifikat, jadi tidak mungkin dibongkar, jadi sementara kami pasang bronjong. Turap kali kami rapikan dan alat berat kami sudah masukkan," kata Teguh.

No comments:

Post a Comment