Saturday, July 5, 2014

Prabowo Singgung Soal Koperasi, Jokowi: Saya Kira Bapak Salah Dengar


Jakarta - Capres Prabowo Subianto menanyakan kepada capres Joko Widodo mengenai pernyataannya saat kampanye bahwa koperasi tidak penting bagi petani. Jokowi pun menegaskan jika dia tidak pernah mengucapkan hal itu.

"Saya agak kaget saat kampanye di Indramayu 17 Juni, Bapak mengatakan petani tidak perlu koperasi. Padahal kita tahu koperasi menjadi soko guru ekonomi. Apa maksud Bapak?" tanya Prabowo saat debat di di Hotel Bidakara, Pancoran, Jakarta Selatan, Sabtu (5/7/2014).

Jokowi pun menjawab jika Prabowo mungkin salah dengar atau salah baca. Capres nomor 2 itu menegaskan tidak pernah berkata demikian.

"Mungkin bapak salah baca atau salah dengar, saya kira semua orang tahu koperasi adalah soko guru ekonomi, tidak mungkin seorang Jokowi menyatakan hal itu," kata Jokowi.

Jokowi kemudian menyebutkan pentingnya peningkatan kelembagaan di desa. Menurutnya jika kelembagaan terbentuk baik di desa, maka desa bisa melakukan swasembada dari berbagai bidang.

"Di desa ada beberapa hal yang harus kita tingkatkan, perangkat desa, kelembagaan. Punya yang namanya badan usaha milik desa, bisa dalam bentuk koperasi, bisa dalam bentuk lain, alangkah lebih baik dalam koperasi. Desa harus bisa mandiri, ternak di desa diberi subsidi, dipusatkan dalam 1 tempat, sehingga nantinya dari produksi ini kotoran-kotoran bisa masuk arahkan ke sebuah produksi energi. Di desa bisa swasembada energi, swasembada daging sendiri, pengelolaan seperti itulah yang diperlukan," tandas Jokowi.

No comments:

Post a Comment