Saturday, July 5, 2014

Serang Balik Hatta, JK: Penghargaan untuk Kota itu Adipura, Bukan Kalpataru

Jakarta - Cawapres nomor urut dua Jusuf Kalla mengoreksi pernyataan cawapres nomor urut satu Hatta Rajasa. JK memastikan, penghargaan untuk sebuah kota madya adalah Adipura, bukan Kalpataru seperti yang disampaikan Hatta.

"Kalau kota itu bukan Kalpataru, tapi Adipura," kata JK dalam debat putaran terakhir di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

Persis seperti yang dinyatakan JK, Adipura adalah sebuah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan perkotaan. Sedangkan Kalpataru adalah penghargaan yang diberikan kepada perorangan atau kelompok atas jasanya dalam melestarikan lingkungan hidup.

Hatta dalam salah satu momen debat menyinggung soal DKI Jakarta dan Kota Solo, dua wilayah yang pernah dipimpin Jokowi, yang dia sebut, belum pernah mendapatkan Kalpataru.

"Bentuk penghargaan itu bukan sesuatu yang terlalu prinsip, tapi lebih merupakan refleksi keberhasilan dari sebuah kota yang bersih dan sehat. Apakah itu dapat atau tidak itu konsekuensi. Mengapa misalkan DKI yang sebelumnya selalu dapat, tahun ini tidak dapat. Atau misalkan Solo, belum pernah dapat sampai saat ini," ujar Hatta.

Jokowi pun menanggapi. Menurut capres nomor urut satu ini, Solo pernah mendapatkan penghargaan lain, langsung dari pemerintah pusat.

"Kalau kota Solo pernah dapat green city, dari kementerian lingkungan hidup dan kementerian kehutanan," jawab Jokowi.

"Kalau saya tidak menanggapi. Orang itu salah. Adipura bukan Kalpataru," ujar JK.

Perdebatan Seru Hatta-Jokowi Soal Solo dan DKI yang Tak Dapat Kalpataru


Jakarta - Debat capres cawapres putaran terakhir mulai memasuki tensi yang meninggi. Hatta Rajasa menyebut DKI Jakarta dan Kota Solo, dua wilayah yang pernah dipimpin Jokowi belum pernah mendapatkan Kalpataru.

"Bentuk penghargaan itu bukan sesuatu yang terlalu prinsip, tapi lebih merupakan refleksi keberhasilan dari sebuah kota yang bersih dan sehat. Apakah itu dapat atau tidak itu konsekuensi," ujar Hatta dalam debat di Hotel Bidakara, Jakarta, Sabtu (5/7/2014).

"Mengapa misalkan DKI yang sebelumnya selalu dapat, tahun ini tidak dapat. Atau misalkan Solo, belum pernah dapat sampai saat ini," sambung cawapres nomor urut dua ini.

Jokowi pun menanggapi. Menurut capres nomor urut satu ini, Solo pernah mendapatkan penghargaan lain, langsung dari pemerintah pusat.

"Kalau kota Solo pernah dapat green city, dari kementerian lingkungan hidup dan kementerian kehutanan," jawab Jokowi.

No comments:

Post a Comment