Monday, July 7, 2014

Dukungan Tulus Masyarakat Diyakini Bantu Jokowi Menangi Pilpres

Jakarta - Dukungan rakyat terhadap pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla (Jokowi-JK) terus bergulir. Hal itu dinilai semakin meyakinkan pasangan ini dapat memenangi Pilpres pada 9 Juli nanti.

“Saya yakin Jokowi-JK akan menang pada pemilihan presiden tanggal 9 Juli 2014 yang akan datang. Dalam perdebatan dan kampanye di lapangan terbuka seperti di Stadion Gelora Bung Karno kemarin tampak dukungan yang genuine (tulus) yang sangat besar kepada Jokowi-JK,” kata Dosen Bidang Strategi Pertahanan Universitas Indonesia (UI) Edy Prasetyono di Jakarta, Minggu (6/7/2014).

Oleh karena itu, dia tidak ragu Jokowi-JK akan meraup suara besar pada pemilihan presiden yang akan datang. Menurut Edy, salah satu hal yang perlu dikhawatirkan adalah tentang netralitas aparat keamanan.

Maka dari itu, perhatian khusus perlu diberikan pada daerah-daerah atau kawasan pelosok yang sulit dilakukan pengawasan.

“Kondisi psikologis dan karakter massa yang rentan bisa menjadi obyek mobilisasi dan manipulasi,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut dia, perhatian ekstra harus juga diberikan pada pengamanan kotak suara dan penghitungan suara. Ini adalah titik-titik rawan yang sulit diawasi.

“Saya berharap suara rakyat dijaga dengan penuh tanggungjawab oleh aparat keamanan yang harus bersikap netral,” pungkasnya.

No comments:

Post a Comment