Monday, July 7, 2014

13.800 PNS akan Dibuatkan Rumah Susun 40 Lantai di Kemayoran

http://images.detik.com/content/2014/07/07/1016/130355_rusun4depan.jpg
Jakarta -Menteri Perumahan Rakyat (Menpera) Djan Faridz mendorong pembangunan hunian untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) di tingkat pemerintah pusat melalui Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum). Lahan seluas 13 hektar akan dibangun rumah susun sederhana milik (rusunami) setinggi 40 lantai di Kemayoran, Jakarta Pusat.

Rusun tersebut rencananya berlokasi di Kemayoran, Jakarta Pusat. Lahan seluas 12 hektar milik pemerintah sudah disiapkan di sana. Nantinya jika terbangun, rusun ini sanggup menampung 13.800 unit rumah susun berbagai tipe.

"Ada 11 tower yang dibangun. 40 lantai," kata Djan ditemui di acara Sosialisasi Pembangunan Rumah Untuk Korpri, di Hotel Sultan, Senayan, Jakarta, Senin (7/7/2014).

Ia mengatakan, rusun-rusun itu dibangun untuk keperluan hunian para PNS yang bekerja di pemerintah pusat. Mulai dari tingkat eselon 3 hingga eselon 1, bahkan seorang menteri pun tak dikecualikan. "Ada tipe 36, tipe 54 sama 80. Nanti sesuai kemampuan mereka membayar," kata Djan.

Harga rusun-rusun tersebut menurut Djan cukup terjangkau bagi kalangan PNS, yaitu Rp 6 juta/meter persegi. "Cicilannya Rp 1 juta," katanya.

Butuh dana sekitar Rp 6 triliun untuk merealisasikan pembangunan rusun untuk para PNS ini. Anggaran yang digunakan untuk pembangunan rusun ini tidak menggunakan dana APBN. Namun sebanyak 30% anggaran dari tabungan rumah PNS yang ada dalam Badan Pertimbangan Tabungan Perumahan (Bapertarum), dan 70% merupakan pinjaman dari perbankan.

"Dana Bapertarum kita Rp 8,9 triliun," jelas Djan.

Namun rencana ini belum bisa terealisasi karena masih menunggu perizinan dari pemerintah provinsi DKI Jakarta terkait ketentuan koefisien luas bangunan (KLB).

Djan berharap gubernur atau yang berwenang segera menandatangani perizinan pembangunan rusunami tersebut. "Membangun harusnya dua tahun selesai," katanya.

Pembangunan rusunami ini dimaksudkan agar para PNS bisa lebih mudah menuju ke tempat kerja. Direncanakan Djan, rusunami ini pun lengkap dengan fasilitas sosial dan fasilitas umum yang memadai layaknya rusunami komersial.
(zul/hen) 

No comments:

Post a Comment