Wednesday, November 30, 2016

Tercatat Punya Harta Rp 25 M, Ahok: Tanya ke KPK Saja

Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta mengumumkan kekayaan tiga pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI 2017. Calon gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) mengatakan sudah melaporkan harta tersebut ke KPK

"Gua nggak tahu, kamu tanya ke KPK saja. Kita laporan KPK semua," ujar Ahok di Rumah Lembang, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (30/11/2016).

Hal itu disampaikan Ahok saat ditanyakan soal asal usul harta tersebut. Ahok mengaku harta yang dimilikinya berupa tanah dan rumah.

"Saya nggak tahu. Setahu saya tanah, rumah, saya sudah lapor sejak 2004 kalau gak salah, 2004 atau 2005 saya lupa," lanjut Ahok.

Ahok tidak membahas lebih lanjut soal kekayaan yang mencapai Rp 25 miliar. Ahok hanya menjawab bahwa sebagian besar hartanya yaitu harta tak bergerak berupa tanah.

"Saya nggak tahu, tapi pasti sesuai laporan kok. Kan kita lebih banyak tanah kan, tanah naiknya luar biasa. Kalau nggak salah KPK itu patokan dari NJOP. Jadi nilai tanah kita walaupun pasarnya lebih tinggi dia tetap gunakan NJOP," papar Ahok.

"Misalnya kamu punya tanah, NJOP terus Rp 2 juta padahal di pasaran Rp 10 juta. Tetap harga kamu patokannya Rp 2 juta. Hanya saja waktu kamu jual Rp 10 juta kamu kan buat laporan, itu kan ada bukti pajak final yang 5 persen," sambungnya.

Sebelumnya KPU DKI mengumumkan kekayaan tiga pasangan calon di Pemilu Gubernur DKI 2017 berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Calon Kepala Daerah dari KPK. Ahok sendiri memiliki kekayaan Rp 25.655.887.496 plus USD 7.228 dan pasangannya Djarot Saiful Hidayat memiliki harta Rp 6.295.603.364. 

No comments:

Post a Comment