Monday, June 20, 2016

Status Pintu Air Pasar Ikan Turun ke Siaga 4, Jakarta Utara Aman dari Banjir

Setelah sempat naik pada posisi Siaga II, status Pintu Air Pasar Ikan, Jakarta Utara, kini turun menjadi Siaga IV. Dengan turunnya status tinggi muka air pada Pintu Air Pasar Ikan, maka Jakarta Utara yang tadinya terancam banjir sekarang dipastikan tidak akan banjir.
"Sejak pukul 05.00 sampai 07.00 tadi, ketinggian air sedikit demi sedikit turun sampai ke posisi Siaga IV. Sudah aman dari ancaman banjir," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta Denny Wahyu saat dihubungi Kompas.com, Senin (20/6/2016).
Denny menjelaskan, ketinggian muka air yang sempat naik pada Minggu (19/6/2016) malam disebabkan oleh siklus tahunan yang dikenal dengan nama siklus enam bulanan.
Siklus serupa yang menyebabkan ketinggian muka air naik cukup tinggi biasanya terjadi pada akhir Juni setiap tahunnya.
Selain itu, dari informasi yang diteruskan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), disebutkan curah hujan pada hari ini mulai menurun.
Adapun sebelumnya, BMKG memperkirakan curah hujan akan tinggi mengguyur Jabodetabek dan sekitarnya beberapa hari belakangan ini.
"Curah hujan juga menurun, jadi hujan yang turun lebih kepada hujan ringan, tidak berdampak pada kenaikan muka air," ucap Denny.

No comments:

Post a Comment